Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekan Depan, Israel Terima 2 Jet Canggih F-35 Pertamanya

Kompas.com - 10/12/2016, 13:39 WIB

TEL AVIV, KOMPAS.com - Pada Senin (12/12/2016), Israel akan menerima jet tempur siluman F-35 yang konon harga helm pilotnya saja jauh lebih mahal dari harga rata-rata sebuah rumah.

Meskipun memiliki teknologi tinggi pesawat tempur canggih ini dikritik karena harganya yang mahal dan sejumlah kelemahannya.

Dibangun perusahaan dirgantara raksasa AS, Lockheed Martin, dua unit F-35 pertama yang tiba di Israel disambut sebagai sejarah penting militer negeri itu yang mencoba mempertahankan dominasi di Timur Tengah.

Serah terima di pangkalan AU Nevatim di wilayah selatan Israel ini akan dihadiri Menhan AS Ashton Carter dan rekannya dari Israel, Avigdon Lieberman.

Pengiriman dua pesawat canggih itu ke Israel terjadi di saat pengembangan pesawat termahal di dunia ini mencapai tahapan kritis.

Sejumlah negara sudah memesan pesawat ini, tetapi Israel yang mendapatkan dana bantuan pertahanan sebanyak 3 miliar dolar setahun, menjadi negara pertama yang memiliki skuadron F-35 selain AS.

Israel bahkan sudah memberi nama pesawat itu dalam bahasa Ibrani yaitu Adir yang berarti perkasa. Jet-jet canggih ini akan resmi dioperasikan setahun setelah serah terima.

Israel akan menerima tipe standar yaitu F-35A. Sedangkan tipe B dan C adalah yang bisa digunakan di landasan pendek dan geladak kapal induk.

Di antara berbagai fitur canggihnya, salah satu kemampuan pesawat ini adalah mode "siluman" sehingga bisa menghindari sistem peluru kendali yang canggih.

Jet dengan pengemudi tunggal ini bisa membawa sejumlah persenjataan dan bisa melesat hingga kecepatan 1,6 Mach atau sekitar 1.900 kilometer per jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com