Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teror Berlanjut di Kairo, Bom Meledak Tewaskan 6 Orang

Kompas.com - 09/12/2016, 17:36 WIB

KAIRO, KOMPAS.com - Sebuah bom meledak di dekat pos penjagaan polisi di Kota Kairo, Mesir, Jumat (9/12/2016), menewaskan enam orang.

Seperti diberitakan AFP, siaran televisi setempat menyebutkan, ledakan bom terjadi di Distrik Talibiya, di sebelah barat ibu kota Mesir tersebut.

Hingga berita ini ditayangkan, belum diperoleh kepastian apakah para korban tewas adalah anggota kepolisian yang berjaga di lokasi itu.

Bom meladak sesaat sebelum waktu shalat Jumat, ketika jalan-jalan di Kota Kairo sedang sepi.

Kelompok pemberontak berulang kali melakukan serangan teror ke arah pasukan polisi dan militer Mesir.

Hal ini terjadi Presiden Mohamed Morsi digulingkan pada 2013, yang disusul dengan tindakan represif aparat kepada para pengikut Morsi. 

Sebagian besar serangan teror yang terjadi di Mesir berlokasi di semanjung Sinai, yang menjadi cabang kelompok teroris Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS). 

Namun, pemberontak pun kerap menyasar pasukan kemanan dan pejabat pemerintahan dalam teror mereka. 

Seorang hakim di Mesir yang menyidangkan perkara Morsi, lolos dari percobaan pembunuhan bulan lalu. Saat itu sebuah bom mobil meledak tepat disaat sang hakim melintas dengan kendaraannya.

Baca: Disasar Pakai Bom, Hakim Perkara Presiden Morsi Lolos dari Maut

Serangan itu, terjadi beberapa hari setelah teror bom di pinggir jalan yang menyasar konvoi kendaraan polisi di Kairo. Serangan itu justru menewaskan pejalan kaki yang melintas.

Di bulan September, kelompok pemberontak merancang ledakan bom mobil untuk wakil jaksa wilayah yang akan melintas. Beruntung jaksa tersebut lolos dari maut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com