Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajaran Islam Al-Azhar Tak Bertentangan dengan 4 Pilar Kebangsaan RI

Kompas.com - 28/11/2016, 15:58 WIB
Musthafa Abd Rahman dari Kairo, Mesir

Penulis

KAIRO, KOMPAS.com - Wakil Ketua MPR RI, H Mahyuddin ST MM, dalam sosialisasi empat pilar kebangsaan RI di hadapan masyarakat Indonesia di Kairo, Mesir,  Sabtu (26/11/2016), mengatakan, pemahaman masyarakat Indonesia di Mesir, khususnya mahasiswa Indonesia yang belajar di Universitas Al-Azhar tentang empat pilar bangsa Indonesia sudah tidak diragukan lagi.

Karena ajaran Islam yang mereka pelajari di Universitas Islam tertua tersebut sejalan dengan empat pilar kebangsaan Indonesia, sebagaimana dilaporkan wartawan Kompas, Musthafa Abd Rahman, Senin (28/11/2016).

Mahyuddin menambahkan, ulama Indonesia terdahulu yang belajar di Universitas Al-Azhar pada umumnya menyampaikan ajaran Islam yang moderat dan rahmatan lil’alamin di tengah-tengah masyarakat Indonesia.

Hal itu berbeda dengan mereka yang mengenyam studi Islam di beberapa negara selain Mesir.

Sosialisasi empat pilar kebangsaan Indonesia bagi masyarakat Indonesia di Mesir diselenggarakan di KBRI Kairo dan dipimpin langsung oleh Duta Besar Helmy Fauzy. 

Narasumber yang hadir dari MPR RI adalah H Mahyuddin ST MM, Wakil Ketua MPR RI Drs H Guntur Sasono, M.Si, anggota MPR RI dan Hj Agati Sulie SE, anggota MPR RI.

Sosialisasi empat pilar di Mesir diikuti oleh staf KBRI Kairo, pengurus dan anggota Darma Wanita Persatuan, Guru-guru dan siswa Sekolah Indonesia Kairo, serta mahasiswa-mahasiswi Indonesia di Mesir.

Paparan oleh nara sumber sosialisasi empat pilar kebangsaan Indonesia dilanjutkan dengan dialog di mana para nara sumber memberikan penjelasan tambahan sebagai jawaban pertanyaan dan masukan dari peserta yang mayoritas adalah mahasiswa Indonesia di berbagai perguruan tinggi Mesir, antara lain tentang pentingnya GBHN, keteladanan pejabat negara, juga tentang pemerataan kesejahteraan warga negara.

Menanggapi harapan salah satu peserta yang menginginkan agar sosialisasi empat pilar kebangsaan Indonesia bagi mahasiswa Indonesia di Mesir yang jumlahnya ribuan orang, narasumber berjanji akan segera membahas mekanisme pelaksanaanya dengan Duta Besar RI Kairo.

Salah satu alternatifnya adalah dengan penyelenggaraan Training of Trainers (TOT) bagi mahasiswa senior, dan selanjutnya yang lulus dalam TOT akan menjadi narasumber pada pelaksanaan sosialisasi empat pilar di komunitas masing-masing. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com