Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Serukan Trump Bersikap Tegas terhadap Rusia

Kompas.com - 18/11/2016, 13:57 WIB

BERLIN, KOMPAS.com - Presiden AS, Barack Obama, Kamis (17/11/2016), menyampaikan pesan tentang kerjasama dan persatuan Amerika dengan Eropa.

Obama menegaskan kepada warga Jerman warga Eropa bahwa AS akan tetap berperan aktif di dunia, seperti dilaporkan Voice of America.

Presiden Obama menyerukan kepada penerusnya, Donald Trump, untuk bersikap “tegas” terhadap Rusia.

Ia berharap Presiden AS terpilih itu akan “mengambil pendekatan konstruktif serupa” sebagaimana yang telah dilakukannya, “dengan menemukan bidang di mana nilai-nilai dan kepentingan kedua negara sama dan membuat kita bisa bekerjasama”.

“Saya tidak berharap presiden terpilih akan benar-benar menggunakan pendekatan yang saya tempuh, tetapi saya berharap ia tidak melakukan politik praktis,” kata Obama.

Selain itu, Trump diharapkan untuk “mengadakan perjanjian dengan Rusia, walaupun itu akan merugikan negara-negara kecil atau melanggar norma-norma internasional atau mengabaikan masalah jangka panjang di negara-negara seperti Suriah, karena kita hanya akan melakukan apa yang bisa kita lakukan dengan nyaman,” kata Obama.

Sebelumnya, Obama memulai pertemuan resmi dengan Kanselir Jerman Angela Merkel, Kamis (17/11/2016), sebagai bagian dari lawatan resmi keenam dan yang terakhir ke negara itu.

Kedua pemimpin duduk di sebuah meja panjang bersama sejumlah penasehat kebijakan luar negeri masing-masing. Obama ditemani oleh Penasehat Keamanan Nasional, Susan Rice.

Pemimpin AS itu memilih Jerman sebagai persinggahan utama dalam lawatan ke luar negeri terakhirnya sebagai presiden.

Jerman adalah negara dengan tingkat perekonomian terbaik di Eropa dan sekaligus mitra dagang AS, anggota penting NATO, dan pangkalan bagi ribuan tentara AS.

Para pengamat menilai pemimpin Merkel bisa menjadi suara liberal yang paling berpengaruh di kawasan di mana gerakan nasionalis tampak semakin menguat.

Lawatan terakhir ini menandai lawatan resmi keenam Obama ke Jerman. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com