Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan Irak Kuasai Kota Kuno Nimrud

Kompas.com - 14/11/2016, 07:34 WIB

BAGHDAD, KOMPAS.com - Militer Irak, Minggu (13/11/2016), mengklaim telah berhasil merebuut kota kuno Nimrud di sebelah selatan Mosul.

Ibu kota kerajaan Assyria yang dibangun pada abad ke-13 sebelum masehi itu sebagiannya sudah sempat dihancurkan ISIS karena dianggap tak sesuai dengan dogma yang dianut ISIS.

Pasukan Irak memulai serangan ke kota Nimrud pada 17 Oktober lalu, berbarengan dengan dimulainya ofensif untuk merebut Mosul, kota terbesar kedua di Irak.

"Desa-desa Al-Nomaniyah dan Al-Nimrud serta reruntuhan kota kuno Nimrud sudah direbut kembali," kata Brigadir Jenderal Saad Ibrahim dari Divisi Pasukan Lapis Baja ke-9 Irak.

Sebelumnya, Komando Operasi Gabungan (JOC) Irak sempat mengumumkan bahwa seluruh kawasan Nimrud sudah sukses direbut. Namun, pernyataan tersebut kemudian dikoreksi.

"Namun, desa Nimrud dan situs arkeloginya sudah kami kuasai," demikin JOC Irak.

Nimrud adalah salah satu pusat kebudayaan kuno di Timur Tengah. Saat menjadi ibu kota Kekaisaran Assyria, di Nimrud terdapat komplek istana dan monumen yang luas sehingga butuh 150 tahun bagi para arkeolog untuk mengungkap semuanya.

Pada April tahun lalu, ISIS mengunggah video aksi mereka menghancurkan sejumlah monumen kuno sebelum memasang peledak dan menghancurkan peninggalan kebudayaan itu.

Aksi itu adalah bagian dari kampanye penghancuran situs-situs bersejarah yang dikuasai ISIS. Perusakan juga terjadi di Hatra, sebelah selatan Mosul dan di kota Palmyra, Suriah.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com