Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump: Saya Ingin Bangun Kemitraan, Bukan Konflik

Kompas.com - 09/11/2016, 15:38 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Presiden AS terpilih, Donald Trump, mengatakan, pemerintahan yang akan dipimpinnya siap membangun "kemitraan, dan bukan konflik” dengan negara lain.

Pernyatan Trump disampaikan di depan para pendukungnya setelah hasil pemilu menujukkan dia menang dari rivalnya, Hillary Clinton, Rabu (9/11/2016) dini hari waktu setempat atau siang WIB.

Hasil akhir menunjukkan, Trump menang telak dengan meraih 288 electoral votes dan Hillary hanya memetik 216 electoral votes dari 538 electors, seperti ditayangkan secara langsung oleh CNN, Rabu sore WIB.

“Setiap satu warga Amerika akan memiliki kesempatan untuk mewujudkan potensi dirinya secara penuh,” kata Trump dalam pidato kemenangannya sambil mengaku telah mendapat telepon ucapan selamat dari Hillary, kandidat dari Partai Demokrat.

"Pria dan wanita yang terlupakan di negeri kita takkan pernah dilupakan lagi. Kita bersiap untuk memperbaiki kota-kota dan membangun infrastruktur kita,” katanya disambut tepuk tangan meriah para pendukungnya.

Trump, yang diusung oleh Partai Republik, juga menambahkan, “Kita akan berjalan bersama dengan negara-negara lain yang ingin maju bersama kita.”

“Kita akan membangun hubungan dengan semua orang (dan mencari) kemitraan, bukan konflik (dengan negara-negara lain),” kata Trump yang berdiri di samping keluarga besarnya.

Menurut Trump, "Kita akan memimpikan hal-hal besar untuk negara kita, hal-hal yang membuat kita sukses," kata presiden terpilih itu.

Sebelum Trump muncul di panggung, Mike Pence yang berpasangan sebagai wakil presiden menyatakan, "Ini adalah malam bersejarah."

"Rakyat Amerika telah berbicara, dan rakyat Amerika telah memilih sang juara baru mereka. Amerika telah memilih presiden baru," kata Pence di panggung bersama keluarganya. 

Kata-kata Trump dalam pidato singkatnya itu tampak sejuk, berbeda dari pernyataan dan sikapnya yang diperlihatkan dalam kampanye selama ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com