Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persaingan Pilpres AS Ketat, Hillary Hanya Unggul Tipis

Kompas.com - 09/11/2016, 08:55 WIB
Ericssen

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Hillary Clinton unggul sementara dalam perhitungan suara pemilu presiden Amerika Serikat, yang hari ini masih berlangsung.

Calon Presiden dari Partai Demokrat itu telah mengumpulkan 68 electoral votes. Sementara, rivalnya dari Partai Republik Donald Trump meraih 66 electoral votes.

Data ini muncul berdasarkan proyeksi CNN pukul 8.30 waktu bagian timur AS (EST).

Dengan demikian, masih terlalu dini untuk menyimpulkan siapa yang akan menang, mengingat tahap perhitungan suara masih sangat awal.

Adapun electoral votes yang dimenangkan itu berasal dari negara bagian yang memang sudah solid dan hampir pasti dikantungi kedua capres.

Hasil-hasil dari swing states krusial seperti Pennsylvania, Florida, North Carolina, New Hampshire, dan Virginia masih terlalu ketat untuk memproyeksikan pemenang.

Di Florida, di mana 91 persen data sudah masuk, Trump unggul tipis 77.373 suara dengan raihan 48.9 persen berbanding 48.0 persen.

Namun, Hillary berpotensi mengejar dan berbalik unggul karena suara dari Distrik Palm Beach dan Broward yang merupakan daerah padat pemilih Demokrat belum dihitung.

Kekalahan di Florida hampir pasti akan mengakhiri ambisi Trump untuk menghuni Gedung Putih. 

Baca: Berharap dari Florida, Trump Keluarkan Seruan di Detik-detik Akhir

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com