Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan Peshmerga Usir ISIS dari Kota Bashiqa

Kompas.com - 08/11/2016, 18:44 WIB

BASHIQA, KOMPAS.com - Seorang pejabat keamanan Irak, Selasa (8/11/2016), mengatakan, pasukan Peshmerga Kurdi berhasil merebut kota Bashiqa dari tangan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Direbutnya kota Bashiqa menjadi salah satu langkah akhir untuk mengamankan sisi timur kota Mosul yang masih dikuasai ISIS.

Serangan terhadap kota Bashiqa digelar pasukan Peshmerga pada Senin kemarin. Peshmerga mengepung kota itu dari tiga penjuru sebagai bagian dari operasi militer merebut Mosul.

Jabbar Yawar, sekretaris jenderal kementerian regional Kurdi yang bertanggung jawab atas Peshmerga, mengatakan, kota itu sudah sepenuhnya dikuasai pasukan Kurdi.

Seorang jurnalis AFP yang berada di luar kota Bashiqa melihat tiga serangan udara menghantam kota itu dan mendengar suara baku tembak dari dalam kota.

Selain itu juga terdengar suara ledakan yang oleh pasukan Peshmerga disebut merupakan aksi pengebom bunuh diri.

"Ada bagian kota yang dipertahankan pengebom bunuh diri dan sniper," kata Kolonel Dilshad Mawlud, juru bicara Peshmerga.

"Hari ini kami melakuan operas pembersihan dari rumah ke rumah. Para anggota Daesh kabur melalui terowongan bawah tanah," tambah Mawlud menggunakan istilah bahasa Arab untuk ISIS.

Operasi untuk merebut Mosul digelar sejak 17 Oktober lalu dengan pasukan Irak yang bergerak menjepit kota itu dasri arah utara, timur dan selatan.

Pasukan khusus Irak bahkan sudah mulai bertempur di dalam sisi timur kota Mosul, sementara pasukan besar mendekat dari arah utara.

Namun, pasukan yang bergerak dari sisi selatan, akibat jarak yang terlalu jauh, belum tiba di pinggiran kota Mosul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com