Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama dalam Setahun, Al-Baghdadi Beri Pesan untuk Pengikutnya

Kompas.com - 03/11/2016, 13:23 WIB

BAGHDAD, KOMPAS.com — Pemimpin Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) menyerukan agar para pengikutnya bertahan di kota Mosul meski pasukan Irak terus menerjang untuk memasuki kota tersebut.

"Jangan mundur," demikian suara yang diyakini adalah Abu Bakr al-Baghdadi dalam pesan audio yang dirilis media Al-Furqan, Kamis (3/11/2016).

"Mempertahankan posisi kalian dengan penuh kehormatan 1.000 kali lebih mudah ketimbang mundur dengan rasa malu," demikian suara Al-Baghdadi itu.

Jika pesan audio itu bisa dikonfirmasi berasal dari Al-Baghdadi, maka ini adalah pesan pertamanya dalam satu tahun terakhir.

"Bagi semua rakyat Nineveh, terutama para pejuang, waspadai semua kelemahan saat menghadapi musuh," tambah Al-Baghdadi.

Pada Juni 2014, beberapa hari setelah ISIS merebut sebagian wilayah Irak, Al-Baghdadi muncul di muka publik di Mosul dan mengumumkan negara Islam dengan wilayah Irak dan Suriah.

Wilayah kekhalifahan yang diproklamasikan Al-Baghdadi itu kini terus menyusut, apalagi setelah pasukan Irak mencapai Mosul pekan lalu.

Koalisi AS memperkirakan terdapat 3.000 hingga 5.000 anggota ISIS yang mempertahankan Mosul, basis terakhir ISIS di Irak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com