Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Izinkan Armada Rusia Mengisi Bahan Bakar di Pelabuhannya, Spanyol Dikecam

Kompas.com - 26/10/2016, 13:12 WIB

MADRID, KOMPAS.com - Spanyol dihujani kritik ketika dikabarkan mengizinkan armada kapal perang Rusia yang berlayar menuju Suriah mengisi bahan bakar di wilayah negeri itu.

Armada yang dipimpin kapal induk Admiral Kuznetzov itu kemungkinan besar akan mengisi bahan bakar di wilayah kantung Spanyol di Afrika Utara, Ceuta setelah melewati Selat Gibraltar pada Rabu (26/10/2016), pagi.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Spanyol mengatakan, permintaan dari armada Rusia itu dianggap sebagai kasus biasa saja.

"Armada Rusia selama beberapa tahun kerap menghubungi pelabuhan-pelabuhan Spanyol," ujar juru bicara Kemenlu Spannyol kepada harian The Telegraph.

Namun, masalah ini dianggap serius negara-negara tetangga Spanyol salah satunya Inggris.

"Pemerintah Inggris telah menyampaikan keprihatinan terhadap pemerintah Spanyol karena menyambut AL Rusia sementara Inggris mengecam aktivitas militer Rusia," demikian salah seorang juru bicara pemerintah Inggris.

"Posisi Inggris sangat jelas, bahwa hubungan dengan Rusia bukanlah sekadar hubungan yang normal," tambah dia.

  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com