Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada Jaminan Keamanan, PBB Batal Gelar Evakuasi Medis di Aleppo

Kompas.com - 21/10/2016, 17:45 WIB

GENEVA, KOMPAS.com - PBB, Jumat (21/10/2016), terpaksa membatalkan rencana evakuasi medis di Aleppo timur setelah kelompok-kelompok yang bertikai gagal memberikan jaminan keamanan bagi tim medis.

"Evakuasi medis untuk warga yang sakit dan terluka sayangnya tak dapat dilakukan hari ini sesuai rencana karena kondisi yang tak memungkinkan," kata Jens Laerke, juru bicara badan kemanusiaan PBB.

Sebelumnya, PBB berharap dapat segera melakukan evakuasi terhadap para korban serangan di wilayah Aleppo, Suriah,  pada Jumat ini.

Evakuasi medis baru bisa digelar jika gencatan senjata dari pasukan Suriah dan Rusia yang mendukungnya benar-benar terwujud.

Meskipun penurunan dalam kekerasan sudah terlihat setelah gencatan senjata mulai berlaku pada Kamis kemarin, terdapat sejumlah warga sipil yang tak mengacuhkan seruan untuk mengungsi.

Rusia lantas menuduh hal itu terjadi karena kelompok pemberontak melarang warga meninggalkan Aleppo.

Kesepakatan gencatan negara unilateral di Aleppo dmulai pada pukul 8 waktu setempat, atau 13.00 WIB, Kamis kemarin. 

 

Tujuan gencatan senjata itu adalah untuk memberikan waktu kepada warga sipil untuk mengungsi. 

Namun, tak lama setelah gencatan senjata dimulai, tembakan dan artileri terdengar berbalasan di salah satu wilayah di sana.

Kantor berita SANA menyebut, kelompok teroris justru melakukan serangan ke kawasan itu, untuk mengacaukan rencana gencatan senjata "kemanusiaan" itu. 

Sejak kemarin sore, pertempuran di kawasan timur sudah menurun tajam, jalan-jalan di wilayah itu pun dilaporkan dalam keadaan kosong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com