Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Juara di Italia, Paduan Suara FH Undip Didaulat Tampil di Muka Pejabat di Roma

Kompas.com - 06/10/2016, 23:00 WIB

ROMA, KOMPAS.com - Paduan suara Fakultas Hukum Universitas Diponegoro, Semarang, yang tergabung dalam PSM Satya Darma Gita, meraih penghargaan internasional di Italia.

Paduan suara yang terdiri dari 35 orang ini meraih gelar juara kategori "mix choir" dan "female choir" dalam kompetisi paduan suara the 8th Isola del Sole di Kota Grado, Italia timur laut.

Menyusul prestasi itu,paduan suara ini kemudian didaulat untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia, Indonesia Raya dan Italia, Fratelli d’Italia.

Mereka bernyanyi dalam acara Resepsi Diplomatik HUT RI ke-71 di Roma, Selasa malam, (4/10/2016) waktu setempat.

Mengenakan kostum tradisional Bali, paduan suara ini bernyanyi dengan bersahaja. Namun demikian, suara mereka terdengar megah.

Suasana bertambah apik, karena kedua lagu kebangsaan itu dinyanyikan dengan iringan instrumen angklung dari kelompok "Rumah Angklung".

Duta Besar Indonesia untuk Republik Italia, August Parengkuan dalam acara ini menyampaikan upaya peningkatan kerja sama yang konkret antara Indonesia dan Italia.

Dia menyebutkan, komitmen kuat dan kedekatan pemimpin kedua negara tercermin dari kunjungan Presiden Sergio Matarella ke Jakarta bulan November 2015.

Lalu, ada pertemuan Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Italia, Matteo Renzi di sela KTT G20 di Hangzhou, China, bulan September lalu.

Dalam acara tersebut, hadir anggota parlemen, pejabat tinggi pemerintahan, perwira tinggi militer, korps diplomatik, kalangan dunia usaha, serta praktisi pendidikan, dan para pecinta Indonesia.

Hiburan

Dalam siaran pers KBRI Roma yang diterima Kompas.com, disebutkan, para undangan diajak mengenal sebagian kekayaan budaya Indonesia, dengan suguhan tarian Bali dan Betawi.

Ada pula peragaan busana batik dari rumah mode Alleira, dan pertunjukan angklung interaktif oleh tim Rumah Angklung.

Ditampilkan pula video dan foto-foto dari berbagai daerah di Indonesia sebagai latar belakang pertunjukan.

Selain itu, tentu disajikan beragam makanan khas Indonesia seperti nasi tumpeng, sate ayam, mie goreng, dan lumpia.

Makanan-makanan itu mampu membuat tamu undangan rela mengantre.

Acara malam itu berlangsung meriah dan penuh keakraban, bahkan para tamu tetap nyaman bertahan hingga seluruh acara selesai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com