Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tentara India dan Pakistan Baku Tembak 4 Jam di Perbatasan Kashmir

Kompas.com - 01/10/2016, 13:39 WIB

ISLAMABAD, KOMPAS.com - Pasukan India dan Pakistan kembali terlibat baku tembak di perbatasan Kashmir, Sabtu (1/10/2016). Militer India mengatakan tak ada korban di kedua belah pihak dalam insiden itu.

"Pasukan Pakistan hanya merespon tembakan dari India yang dimulai pada sekitar pukul 04.00 dan berlanjut selama empat jam di sektor Bhimber, di sisi Pakistan," demikian pernyataan militer Pakistan.

Hal senada disampaikan pihak  India terkait insiden di Sabtu pagi tersebut. Namun, beberapa detil yang disampaikan berbeda dengan pernyataan Pakistan.

"Terjadi baku tembak ringan dan penembakan mortif dari seberang perbatasan ke sektor Akhnoor yang berlangsung selama dua jam," kata Pawan Kotwal, seorang pejabat negara bagian Jammu dan Kashmir di sisi India.

"Tak ada korban jiwa atau kerusakan. Kami memang sudah siap menghadapi hal semacam ini tetapi pada dasarnya Jammu dalam kondisi aman," tambah Kotwal.

Baku tembak itu terjadi dua hari setelah India mengklaim telah menggelar "serangan mematikan" di seberang garis militer yang merupakan perbatsan de facto kawasan yang diperebutkan kedua negara.

Ketegangan di antara dua musuh bebuyutan itu bertambah ketika pemerintah India menuding kelompok militan yang berbasis di Pakistan menyerang sebuah pangkalan militer di Kashmir awal bulan ini dan menewaskan 18 tentara India.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com