Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inggris Kerahkan Dua Jet Tempur untuk Cegat Dua Pesawat Pengebom Rusia

Kompas.com - 23/09/2016, 10:56 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Dua jet Angkatan Udara Inggris (RAF) dikerahkan untuk mencegat dua pesawat pengebom Rusia saat akan mendekati wilayah udara negara kerajaan tersebut.

Media Inggris, Daily Express, Jumat (23/9/2016), melaporkan, dua pesawat pengebom Rusia sepertinya hendak mendekati wilayah udara Inggris dan hal itu sangat mengancam, Kamis (22/9/2016).

Sekalipun kemudian dua jet pengebom Blackjack Rusia itu tidak sampai masuk ke wilayah udara Inggris, pihak berwenang di London khawatir ketika dua pesawa itu melewati bagian barat Kepulauan Shetland.

Departemen Pertahanan Inggris mengungkapkan jet dari pangkalan udara RAF di Lossiemouth dan Coningsby akhirnya mengudara sebagai "tindakan pencegahan", Kamis.

Dua pesawat Blackjack Rusia itu melakukan perjalanan dari arah Norwegia kemudian semakin mendekati ke wilayah udara Inggris.

Daily Express/Getty Pangkalan Angkatan Udara Inggris (RAF) Lossiemouth
Seorang juru bicara RAF mengatakan, "Kami dapat mengkonfirmasikan bahwa pesawat reaksi cepat, jet Typhoon dari pangkalan RAF di Lossiemouth mencegat dua pengebom Blackjack Rusia dan mereka dikawal saat berada di wilayah yang menjadi kepentingan Inggris Raya”.

"Pada titik itu pesawat Rusia memasuki wilayah teritorial udara Inggris." Insiden ini, pesawat Rusia 'berdengung' di wilayah udara Inggris, merupakan yang terbaru.

Mantan pilot RAF, Andrew Brookes, mengatakan, Rusia tidak bermaksud memprovokasi perang.

“Ini bukan Perang Dingin. Mereka hanya ingin menggunakan taktik tersebut untuk mencolek dada kita," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com