Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Ribu Warga Catalonia Tuntut Kemerdekaan dari Spanyol

Kompas.com - 12/09/2016, 13:29 WIB

 

MADRID, KOMPAS.com — Ratusan ribu penduduk Catalonia di Barcelona dan kota-kota lain di Spanyol, Minggu (11/9/2016), berpawai menuntut kemerdekaan wilayah timur laut di negara itu.

Polisi Catalonia di akun Twitter-nya, seperti dilaporkan Associated Press pada Senin (12/9/2016), mengatakan, ada 450.000 demonstran bergabung dalam aksi itu.

Sedangkan Voice of America, yang juga mengutip keterangan polisi Catalonia, ada 800.000 orang yang mengikuti pawai menuntut kemerdekaan tersebut.

Sementara pemerintah Spanyol di Madrid, yang menentang kemerdekaan ini, mengatakan, jumlah warga yang berpawai sebenarnya kurang dari separuh jumlah yang dilaporkan.

Pemimpin separatis Catalan, Carles Puigdemont, mengatakan, ia berencana untuk mengusulkan referendum bagi kemerdekaan, yang hasilnya menjadi rujukan apakah pemisahan perlu atau tidak.

Puigdemont berharap referendum untuk kemerdekaan Catalonia dari Spanyol dapat dilakukan tahun depan.

Pemerintah daerah Catalonia yang pro-kemerdekaan telah menetapkan bahwa pertengahan tahun depan sebagai target bagi kemerdekaan wilayah mereka dari Spanyol,

Namun, mereka belum berhasil membujuk pemerintah pusat untuk menyetujui pelaksanaan referendum tentang masalah ini.

Madrid, yang menentang pemisahan diri, berpendapat bahwa kemerdekaan Catalonia dari Spanyol jelas akan ditolak oleh Uni Eropa dan Catalonia bakal dikeluarkan dari zona euro.

Catalonia telah mengatakan, pemungutan suara tidak mengikat pada tahun 2014. Saat itu sekitar 1,6 juta orang memilih mendukung kemerdekaan.

Sebagian besar 5,4 juta pemilih yang berhak di wilayah ini tidak berpartisipasi setelah Mahkamah Konstitusi Spanyol memerintahkan penghentian pemungutan suara.

Perselisihan politik dalam pemerintahan koalisi Catalonia dan terpuruknya perekonomian Spanyol juga memperumit isu ini.

Pelaksana Tugas Perdana Menteri, Mariano Rajoy, dan tiga partai politik utama Spanyol menolak kemerdekaan negara Catalonia.

Hanya partai kiri jauh, Podemos, yang mendukung Catalonia untuk mengadakan referendum kemerdekaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com