Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PRT Asal Indonesia Diperkosa di Taiwan, Kejaksaan Upayakan Penahanan

Kompas.com - 12/09/2016, 08:15 WIB

TAIPE, KOMPAS.com – Seorang pria terduga pelaku kekerasan seksual terhadap seorang perempuan tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga (PRT) pada sebuah keluarga di Taichung, Taiwan tengah, telah ditangkap.

Kejaksaan Taichung, Minggu (11/9/2016), mengajukan permohonan kepada pengadilan setempat untuk menahan pria berwarga negara Taiwan itu.

Pria bermarga Hsieh (58) ditangkap oleh polisi Taichung pada Minggu pagi.

Ia lalu diserahkan kepada kejaksaan Taichung, demikian pernyataan pihak kepolisian setempat yang dikutip oleh Kantor Berita Taiwan, CNA.

Setelah tersangka diinterogasi, kata polisi, pihak kejaksaan mengajukan permohonan atas penahanan dengan alasan agar tersangka tidak melarikan diri.

Kejaksaan Taichung mengeluarkan surat perintah penahanan pria Taiwan tersebut, Sabtu (10/9/2016), setelah diinterogasi atas tuduhan melakukan kekerasan seksual.

Pihak kejaksaan juga mempertimbangkan gambar dalam video yang direkam oleh korban dengan menggunakan kamera telepon seluler miliknya yang diduga berisi tayangan kekerasan seksual yang dialaminya atas tindakan pelaku.

Pria Taiwan tersebut sempat menghilang sejak Jumat (9/9/2016) saat korban melapor melalui layanan telepon bahwa dia diperkosa.

Polisi pun mendatangi rumah pelaku untuk melakukan penyelidikan.

Berdasarkan informasi mengenai aktivitas sehari-hari Hsieh, polisi melacaknya dan berhasil menangkapkan pada Minggu pukul 02.00 waktu setempat (01.00 WIB), sekitar 4-5 kilometer dari rumah pelaku tersebut.

Setelah ditangkap, Hsieh mengaku telah memerkosa pembantunya itu dan melarikan diri dari rumahnya serta keluyuran di jalanan.

Menurut pihak berwenang di Taichung, Hsieh yang sudah menikah dan tinggal bersama orangtuanya mengontrak perempuan asal Indonesia tersebut untuk merawat ayahnya yang sakit.

Polisi menyatakan, perempuan itu awalnya melaporkan tindakan kekerasan pada Jumat (9/9/2016) melalui nomor hotline bebas pulsa 1955 yang disediakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan Taiwan khusus untuk pekerja asing.

Kepada pihak berwenang, korban baru-baru ini mengirimkan gambar video kepada agennya yang mempertontonkan peristiwa pemerkosaan terhadap dirinya oleh majikannya di Taichung.

Namun, makelar tenaga kerja asing itu tidak melakukan tindakan apa pun atau cuek saja.

Halaman:
Sumber CNA/Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com