Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Maria, Perempuan Pembunuh Bayaran dari Filipina

Kompas.com - 11/09/2016, 17:57 WIB

KOMPAS.com - Anda pernah meyaksikan film aksi Colombiana yang dibintangi aktris Zoe Saldana?

Film ini bercerita tentang seorang perempuan yatim piatu yang tumbuh menjadi seorang pembunuh bayaran yang lihai dan kejam.

Semua sasaran Cataleya, nama karakter yang diperankan Saldana, adalah para penjahat, khususnya pengedar narkotika, termasuk mereka yang membunuh kedua orangtuanya.

Nah, kisah Cataleya ini tentunya hanya sebuah rekaan untuk kepentingan hiburan semata. Siapa nyana, kisah semacam ini dijalani seorang perempuan Filipina.

Sosok Cataleya di dalam film terlihat sangat glamor dan bisa menikmati hidup dari penghasilannya sebagai pembunuh bayaran.

Tetapi tak ada keglamoran dalam kehidupan sang pembunuh bayaran asal Filipina, sebut saja bernama Maria.

Dia terpaksa pindah dari satu rumah ke rumah lainnya karena khawatir akan keselamatannya. Dia juga cemas karena tak bisa meninggalkan pekerjaan dengan bayaran Rp 5,7 juta per pembunuhan.

Dia kini terjebak di dalam perang brutal melawan narkoba yang dikobarkan pemerintah Filipina, sejak Presiden Rodrigo Duterte berkuasa sekitar dua bulan lalu.

Maria, bukan nama sebenarnya, kini terikat kontrak dengan pemerintah Filipina, untuk menghabisi para pengedar narkoba, terutama di level-level rendah.

Awalnya, Maria menawarkan jasanya lewat suaminya yang adalah anggota kepolisian Filipina. Kini Maria sudah membunuh lima orang.

"Pekerjaan pertama saya dua tahun lalu. Saat itu saya merasa sangat takut dan gugup karena itu adalah pekerjaan pertama saya," kata Maria kepada BBC.

Maria adalah anggota dari sebuah tim yang terdiri atas tiga orang perempuan.

Maria, yang berasal dari kawasan miskin di Manila, mengatakan dia disewa karena perempuan dinilai tak akan menimbulkan kecurigaan para korbannya.

Lalu siapa yang memberikan perintah pembunuhan itu? "Bos kami, perwira polisi," kata Maria.

Di satu siang, saat BBC bertemu dengan Maria, dia mengatakan, rumah aman yang ditinggali bersama sang suami sudah diketahui. Sehingga mereka harus pindah sesegera mungkin.

Halaman:
Sumber BBC News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com