Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Mugabe: Saya Sudah Mati, tetapi Bangkit Kembali

Kompas.com - 05/09/2016, 17:10 WIB

HARARE, KOMPAS.com - Presiden Zimbabwe Robert Mugabe menanggapi ringan isu yang menyebutnya telah meninggal dunia atau sakit keras, setibanya dari kunjungan kerja ke luar negeri.

"Ya, saya memang sudah meninggal. Itu benar, saya sudah meninggal. Saya bangkit lagi dan kembali ke negara saya," ujar pemimpin berusia 92 tahun itu kepada wartawan di bandara internasional Harare setibanya dari Dubai, akhir pekan lalu.

Komentar ini disampaikan Mugabe setelah sebuah situs berita mengabarkan pemimpin terlama di Afrika itu meninggal dunia dalam perjalanan menuju Dubai.

Kesehatan Mugabe memang menjadi perhatian dalam beberapa tahun terakhir, terutama setelah dia terjatuh saat menuruni tangga setelah berpidato tahun lalu.

Mugabe membantah dirinya tengah menderita sakit dan malah sudah berencana untuk mencalonkan diri kembali dalam pemilihan umum 2018.

Namun, beberapa pekan terakhir terjadi unjuk rasa menentang kekuasaan Mugabe yang terentang sejak negeri itu merdeka pada 1980.

Kepolisian Zimbabwe bahkan telah menerapkan larangan berunjuk rasa selama dua pekan di ibu kota Harare, setelah aksi kekerasan mewarnai unjuk rasa menentang pemerintahan Mugabe.

"Kami tak akan membiarkan unjuk rasa dan kekerasan ini terus berlanjut tanpa ditindak," kata Mugabe dalam pidatonya selama satu jam di hadapan sayap pemuda partai Zanu-PF yang berkuasa, Sabtu (3/9/2016).

Zimbabwe mengalami krisis ekonomi sejak awal abad ini yang membuat 90 persen rakyatnya tak memiliki sumber pendapatan tetap.

Akibat krisis ekonomi ini, pemerintah Zimbabwe selalu terlambat membayar gaji pegawai negeri sementara berbagai bank di negeri itu kehabisan uang tunai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com