Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survey: Sebagian Besar Warga Inggris Dukung Larangan Burka

Kompas.com - 01/09/2016, 17:05 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Sebuah jajak pendapat yang baru digelar di Inggris menunjukkan sebagian besar warga negeri itu mendukung pelarangan burka.

Dalam hasil jajak pendapat yang dirilis Kamis (1/9/2016) menunjukkan 57 persen dari 1.668 responden dewasa yang diwawancarai lembaga YouGov mengatakan mendukung aturan yang melarang perempuan mengenakan burka di Inggris.

Sementara itu 36 persen sangat mendukung larangan burka dan hanya 10 persen menentang pelarangan burka.

Jajak pendapat ini digelar di tengah hiruk pikuk masalah pelarangna burkini di sekitar 30 kota wisata pantai di Perancis.

Mahkamah Agung Perancis akhirnya mencabut larangan burkini itu setelah mendapat tekanan dari sejumlah organisasi hak asasi manusia.

Kembali ke jajak pendapat di Inggris, sebanyak 46 persen warga negeri itu ternyata mendukung larangan burkini.

Sedangkan 30 persen responden menentang larangan terhadap burkini dan sebanyak 18 persen responden tak menentukan sikap.

Dukungan terhadap larangan penggunaan burka ini teryata menyebar di antara pendukung berbagai partai politik, meski sebagian penyokong larangan ini adalah simpatisa Partai Konservatif dan Partai UK Independence (UKIP).

Data lain menunjukkan, pendukung larangan penggunaan burka adalah mereka yang berusia 18-4 tahun dan mereka yang ingin tetap bergabung dengan Uni Eropa

Larangan burka ini juga secara merata didukung berbagai daerah di Inggris dengan dukungan terbesar dari warga London dan wilayah utara Inggris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com