Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disebut Jadi Bandar Narkoba, Pengusaha Filipina Ditembak Orang Tak Dikenal

Kompas.com - 31/08/2016, 19:41 WIB

MANILA, KOMPAS.com - Seorang pengusaha Filipina dan istrinya tewas ditembak setelah disebut-sebut polisi sebagai pengedar narkoba kelas kakap di negeri itu.

Pada Senin (29/8/2016), Melvin Odicta alias "Naga" dan istrinya tewas ditembak di pelabuhan Aklan, wilayah tengah Filipina begitu turun dari kapal feri.

Kepala kepolisian setempat Jose Gentiles, Selasa (30/8/2016), mengatakan seorang pria bersenjata yang belum diketahui identitasnya diduga menjadi pelaku penembakan.

"Motifnya kemungkinan besar pelaku ingin membungkam pasangan ini. Mungkin, pelaku takut korban akan melibatkan dia," kata Genites.

Sebelumnya, Odicta sempat mengkhawatirkan keselamatannya setelah pemerintah menyebutnya sebagai pengedar narkoba di provinsi Iloilo, wilayah tengah Filipiina.

Kuasa hukum pengusaha itu mengatakan, kliennya tak bersalah tetapi kepala kepolisian Filipina Ronald dela Rosa pekan lalu bersikukuh bahwa pengusaha itu adalah pengedar narkoba.

Presiden Filipina Rodrigo Duterte berulang kali mengatakan para pengedar narkotika layak mati dan mendorong kepolisian untuk menghabisi para pengedar narkoba.

Dorongan Duterte ini yang dikhawatirkan memicu main hakim sendiri di kalangan masyarakat bisa jadi merenggut nyawa orang-orang yang sebenarnya tak terkait dengan peredaran narkoba.

Pekan lalu, kepolisian Filipina mengatakan, sebanyak 1.190 pembunuhan dalam dua bulan terakhir sedang dalam investigasi.

Namun, kepolisian yakin para korban tewas itu dibunuh sesama para anggota pengedar narkoba karena khawatir akan buka mulut saat ditangkap polisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com