Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Korban Tewas akibat Gempa di Italia Jadi 247 Orang

Kompas.com - 25/08/2016, 11:56 WIB

ROMA, KOMPAS.com — Hingga Kamis (25/8/2016), jumlah korban tewas akibat gempa bumi berkekuatan 6,2 magnitudo di wilayah tengah Italia melonjak menjadi 247 orang.

Selain korban tewas, sebanyak 368 orang mengalami luka, beberapa orang di antaranya dalam kondisi kritis, sedangkan jumlah warga yang terjebak di bawah reruntuhan belum diketahui.

Sementara itu, warga yang selamat dari amukan gempa terpaksa menghabiskan waktu pada malam yang dingin di bawah tenda. Mereka belum mau kembali ke kediaman masing-masing karena khawatir masih ada gempa susulan.

Meski gempa terjadi di kawasan pedesaan Umbria, Marche, dan Lazio, sebagian besar korban berasal dari kota Roma. Sebab, banyak rumah di ketiga kawasan itu adalah milik warga Roma yang menempatinya hanya pada saat liburan musim panas.

Ini merupakan gempa terkuat di Italia setelah yang menimpa kota L'Aquila pada 2009 dan menewaskan sekitar 300 orang.

Guncangan gempa ini bisa dirasakan hingga Roma yang berjarak 150 kilometer dari pusat gempa. Gempa ini mengakibatkan Pemerintah Roma memerintahkan pemeriksaan struktur bangunan bersejarah Colloseum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com