Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan Khusus Banglades Tangkap 5 Tersangka Anggota Kelompok Militan

Kompas.com - 24/08/2016, 12:20 WIB

DHAKA, KOMPAS.com - Pasukan elite Banglades, Rabu (24/8/2016), mengatakan, telah menangkap lima tersangka anggota organisasi Islam yang dilarang pemerintah terkait serangkaian pembunuhan di negeri itu.

Batalion Gerak Cepat (RAB) menggerebek dua lokasi di pinggiran ibu kota Dhaka dan menahan lima anggota Jamayetul Mujahideen Bangladesh (JMB).

Salah seorang yang ditangkap adalah pemimpin kelompok tersebut yang pernah menimba ilmu di Kanada.

"Yang ditangkap termasuk Rasheduzzaman yang mengambil alih kepemimpinan regional JMB belum lama ini. Dia menuntut ilmu di Kanada pada 2006-2012," kata juru bicara RAB, Mufti Mahmud Khan.

Khan melanjutkan, Rasheduzzaman yang ditugaskan untuk membentuk sayap perempuan JMB, memiliki hubungan dekat dengan Mahmudul Hasan, ketua wilayah selatan JMB yang ditangkap bulan lalu.

Selain menangkap lima tersangka, personel RAB juga mengamankan bahan peledak dan senjata api dari kedua lokasi yang digerebek tersebut.

Pemerintah Banglades menuding JMB sebagai dalang serangan ke sebuah kafe di Dhaka pada awal Juli yang menewaskan 18 orang warga asing dan dua polisi.

ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan di kawasan elite Gulshan itu dan merilis sejumlah foto dari dalam kafe selama pengepungan terjadi yang berujung pada tewasnya kelima penyerang.

Meski demikian, pemerintah Banglades membantah klaim ISIS itu dan bersikukuh organisasi ekstremis internasional tidak pernah memiliki jaringan di negeri itu.

Namun, sejumlah kalangan menuding pemerintahan PM Sheikh Hasina sengaja membantah klaim ISIS itu agar bisa menggunakan serangan tersebut untuk menyingkirkan musuhnya di dalam negeri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com