Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Mesin Terbakar, Qatar Airways Mendarat Darurat di Istanbul

Kompas.com - 18/08/2016, 19:43 WIB

ISTANBUL, KOMPAS.com - Sebuah pesawat Airbus A330 milik maskapai Qatar Airways, Kamis (18/8/2016), mendarat darurat di Istanbul, Turki setelah salah satu mesinnya terbakar.

Layar radar menunjukkan pesawat itu mengubah arah terbangnya di atas Laut Marmara tak lama setelah lepas landas dari bandara internasional Ataturk, Istanbul.

Seorang saksi mata Mehmet Kirazoglu mengatakan, dia sedang berada di dalam gedung teknologi Turkish Airlines di dekat bandara ketika mendengar "suara mesin yang aneh" melintas di atasnya.

"Saat kami melihat ke udara, kami melihat sebuah pesawat Qatar dengan mesin sebelah kiri yang terbakar," kata dia.

"Pesawat itu berbalik arah di atas laut, saya kira dia mengeringkan bahan bakarnya dan setelahnya kami mengetahui pesawat itu mendarat dengan selamat," tambah Mehmet.

Mehmet melanjutkan, dia dan beberapa temannya bisa melihat dengan jelas mesin sebelah kiri pesawat itu terbakar dan roda pendaratnya belum dimasukkan.

Sementara itu, pihak Qatar Airways mengatakan, pesawat itu mendarat kembali dengan selamat bersama seluruh penumpang dan kru kabinnya.

Pesawat dengan kode penerbangan QR240 itu lepas landas menuju Doha, Qatar pada pukul 13.20 waktu setempat dan mendarat kembali di Istanbul 40 menit kemudian.

Pesawat Airbus A330 dirancang untuk mampu terbang hanya dengan satu mesin di tangan pilot yang sangat terlatih.

Pesawat ini juga memiliki komponen pencegah meluasnya kebakaran dengan alat pemadam api di dalam mesin yang bisa diaktifkan dari dalam kokpit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com