Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cari Pengikut Gulen, Polisi Turki Gerebek 44 Perusahaan

Kompas.com - 16/08/2016, 17:22 WIB

ANKARA, KOMPAS.com - Kepolisin Turki, Selasa (16/8/2016), melakukan penggrebekan puluhan perusahaan di Istanbul untuk mencari 120 orang yang diduga terkait kudeta militer yang gagal pada bulan lalu.

Kepolisian melakukan penggerebekan di 44 perusahaan termasuk sebuah perusahaan besar di distrik Uskudar dan Umraniye di sisi Asia kota Istanbul.

Kantor berita Anadolu mengabarkan, para tersangka yang dicari itu diduga ikut membiayai ulama Fethullah Gulen yang dituduh pemerintah Turki sebagai otak kudeta.

Anadolu menambahkan, kejaksaan agung Turki telah menerbitkan surat penahanan untuk 120 orang termasuk para manajer puluhan perusahaan itu.

Sejauh ini, kepolisian belum membeberkan nama-nama perusahaan yang digerebek itu dan belum diperoleh informasi jumlah tersangka yang sudah ditahan.

Sejak kudeta militer pada 15 Juli lalu gagal, pemerintah Turki terus menggelar pembersihan terhadap para pendukung Fethullah Gulen.

Sejauh ini terdapat lebih dari 35.000 orang ditahan sementara sekitar 11.600 orang sudah dibebaskan setelah menjalani pemeriksaan.

Sebelumya, pada Senin (15/8/2016), kepolisian Turki juga menggerebek sejumlah pengadilan di kota Istanbul dan menangkap 136 orang jaksa dan staf pengadilan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com