Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aniaya Ayam di Tempat Kerja, 10 Pekerja Tyson Foods Dipecat

Kompas.com - 12/08/2016, 11:15 WIB

CHICAGO, KOMPAS.com - Perusahaan makanan Tyson Foods Inc memecat 10 pekerjanya yang kedapatan menganiaya ayam di tempat pembiakan di Virginia, Amerika Serikat.

Hal itu terjadi setelah kelompok pembela hak-hak binatang AS, Kamis (11/8/2016), merilis video hasil rekaman tersembunyi, seperti dilaporkan Associated Press, Jumat (12/8/2016).

"Kami muak melihat video yang menunjukkan perlakuan tidak tepat terhadap unggas tersebut,” kicau pihak perusahaan yang berbasis Arkansas di Twitter dengan 50.000 pengikutnya itu.

Christine Daugherty, Wakil Presiden Tyson Foods, menulis dalam sebuah pernyataan bahwa ia marah.

Para pekerja "semuannya dilatih dalam penanganan hewan secara tepat, namun mereka justru memilih untuk mengabaikannya," kata Daugherty.

Manajemen Tyson Foods telah melatih kembali para pekerja yang menangani ternak unggas dengan memperhatikan kebijakan kesejahteraan hewan setelah masalah penganiayaan ini menjadi sorotan.

Perusahaan, seperti dilaporkan Reuters,  juga telah menghentikan praktik menyumpalkan plastik ke paruh ayam jantan untuk mencegahkan mematuk makanan bagi ayam betina.

Dalam rekaman video tampak pekerja menendanh, memukul, dan melempar ayam-ayam hidup. Salah seorang pekerja tertangkap kamera sedang menginjak kepala ayam.

Gambar video yang diambil pada Mei dan Juni diunggah di laman kelompok pegiat yang memperjuangkan peri-kehewanan dan mendorong gerakan vegetaris.

Video yang dirilis oleh kelompok berbasis DC Washington itu adalah salah satu dari beberapa yang diambil dalam beberapa bulan terakhir di fasilitas peternakan unggas.

Kelompok penyayang binatang itu, Compassion Over Killing,  mengatakan, industri perunggasan masih memperlakukan hewan secara tidak manusiawi.

Perusahaan daging olahan tingkat dunia yang berada di Springdale, Arkansas, mengatakan "sangat tidak bisa menerima tindakan oknum-oknum" seperti dalam rekaman itu.

Tyson Foods yakin hal itu tidak cukup untuk menghentikan tindakan tidak layak terhadap hewan di tempat mereka.

Manjemen berjanji untuk menilik ulang dan memastikan bahwa kebijakan perusahaan akan ditaati.

Rekaman itu setidaknya merupakan yang kelima sejak 2015 yang diambil diam-diam untuk merekam penganiayaan hewan di perusahaan Tyson Foods.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com