Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocah 14 Tahun Lolos Ujian Masuk Universitas Bergengsi di China

Kompas.com - 10/08/2016, 17:09 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Bocah laki-laki bernama Zhou Tian asal kota Heze di provinsi Shangdong, China ini memang luar biasa.

Bagaimana tidak, dalam usianya yang baru 14 tahun dia sudah diterima menjadi salah satu mahasiswa di Universitas Sains dan Teknologi China, salah satu perguruan tinggi elite di negeri itu.

Zhou baru saja menyelesaikan tahun pertamanya di SMA dan dalam ujian masuk perguruan tinggi atau gaokao, bocah ini meraih nilai yang luar biasa yaitu 699.

Awalnya, Zhou tak langsung mau masuk ke universitas itu dengan alasan dia mengikuti ujian masuk sekadar untuk mencoba kemampuannya dan tidak serius ingin segera kuliah.

Kejeniusan Zhou sudah terlihat sejak kecil. Saat baru berusia tiga tahun, dia sudah bisa membaca 3.000 karakter huruf kanji China.

Dalam usia lima tahun, dia menunjukkan minat besar terhadap matematika dan dengan cepat belajar cara menambah, mengurangi, perkalian dan pembagian.

Tahun lalu, dia menjadi juara kedua kompetisi matematika tingkat SMA yang diikuti berbagai sekolah di China.

Sementara dalam mata pelajaran matematika di ujian masuk universitas yang diikutinya, Zhao mendapatkan nilai 149 dari maksimal nilai 150.

"Zhou Tian belajar lebih keras dibanding anak-anak lain. Dia sangat suka membaca dan membentuk sendiri kebiasaan belajarnya," kata ayah Zhou kepada wartawan.

"Dia mempelajari sendiri pelajaran SMP saat masih duduk di bangku SD dan dia menyelesaikan pelajaran SMA saat masih menjadi siswa SMP," tambah sang ayah bangga.

Akhirnya, setelah mempertimbangkan banyak hal, Zhou bersedia msuk ke universitas itu tahun ini dan memulai tahun akademisnya akhir bulan ini.

Untuk mempersiapkan diri Zhou yang bercita-cita menjadi ahli matematika ini mempelajari berbagai mata kuliah yang akan dihadapinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com