Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Balita 2 Tahun Bisa Sebutkan Nama Ibu Kota 196 Negara di Dunia

Kompas.com - 02/08/2016, 11:36 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Seorang bocah perempuan berusia dua tahun ini sangat luar biasa. Bagaimana tidak, pada usianya yang masih balita dia bisa menyebut nama ibu kota 196 negara.

Rakshita Kumar, nama anak balita itu, bahkan mampu menyebutkan nama ibu kota dari negara-negara yang jarang muncul di berbagai media massa.

Rakshita bisa menyebut dengan benar bahwa Astana adalah ibu kota Kazakhstan dan negeri tetangganya Uzbekistan beribu kota Tashkent.

Hebatnya, bocah ini juga mampu menyebut ibu kota negeri kecil Lesotho, yaitu Maseru dan ibu kota Mauritania, Nouakchott.

Kemampuan luar biasa ini diawali dalam sebuah penerbangan panjang selama 11 jam dari India menuju Inggris, Ramesh Kumar (33) dan Kavitha (30), ayah dan ibu anak balita ini, mencoba menyibukkan anak mereka agar tidak bosan.

Sepanjang perjalanan, mereka mengajarkan nama-nama berbagai ibu kota negara-negara besar di dunia, seperti India, Inggris, Amerika Serikat, dan beberapa negara lainnya.

Di luar dugaan kedua orangtuanya, Rakshita ternyata mampu menghafalkan nama-nama ibu kota itu. Setibanya di rumah, Ramesh kemudian membelikan buku berwarna berisi 30 nama ibu kota negara di dunia.

Hanya dalam sepekan, Rakshita bisa menyebutkan ke-30 nama ibu kota itu. Dalam tiga bulan, anak balita tersebut mampu mengingat 196 nama ibu kota negara.

Kini saat Kavitha, sang ibu, menyebutkan nama sebuah negara, Rakshita langsung menjawab dengan menyebutkan nama kota yang tepat.

Ramesh dan Kavitha berharap kehausan Rakshita akan ilmu pengetahuan bisa terus bertahan dan bertambah seiring usia bocah itu.

"Sejak dini, dia sudah tertarik dengan buku dan daya ingatnya sangat luar biasa," kata Ramesh soal putri kecilnya itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com