Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Norwegia Hadiahkan Gunung pada HUT Ke-100 Finlandia

Kompas.com - 29/07/2016, 17:00 WIB

OSLO, KOMPAS.com - Norwegia sedang mempertimbangkan untuk "memindahkan" sebuah gunung atau setidaknya puncak gunung itu ke negeri tetangganya, Finlandia.

Pemerintah Norwegia sedang memikirkan untuk memberikan puncak Gunung Halti sebagai hadiah untuk Finlandia yang akan merayakan 100 tahun kemerdekaan tahun depan.

"Ada beberapa kesulitan formal dan saya belum membuat keputusan final. Namun, kami terus berusaha," kata PM Norwegia Erna Solberg kepada lembaga penyiaran NRK.

Memindahkan perbatasan antara Norwegia dan Finlandia 150 meter ke sebelah utara dan 200 meter ke timur itu akan membuat Finlandia memiliki puncak tertinggi baru dan Norwegia kehilangan wilayah seluas 0,0015 kilometer persegi.

Gunung Halti dengan ketinggian 1.365 meter tidak tercatat sebagai 200 puncak gunung tertinggi di Norwegia. Namun, salah satu gunung terpendeknya, Halditsohkka (1.324 meter), menjadi puncak tertinggi di Finlandia.

Bjorn Geirr Harsson, seorang ahli geodesi, adalah orang pertama yang mengusulkan pemindahan gunung ini lewat akun Facebook-nya pada Desember lalu.

"Ide saya adalah gunung ini sebagai hadiah dari rakyat Norwegia dan saya yakin rakyat Finlandia akan menghargai langkah ini," kata Harsson.

"Langkah ini tak akan mengurangi mengubah wilayah Norwegia dan Finlandia. Namun, akan membuat perubahan besar bahwa titik tertinggi Finlandia akan berada di puncak gunung, bukan di lerengnya," tambah Harsson.

Dilihat dari sisi geografi, Gunung Halti memiliki dua puncak, satu di Finlandia dan satu puncak lainnya di Norwegia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Telegraph
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com