Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Tengah Ancaman Perpecahan, Konvensi Partai Republik Digelar

Kompas.com - 19/07/2016, 12:35 WIB

CLEVELAND, KOMPAS.com - Donald Trump berusaha keras untuk mengembalikan konvensi Partai Republik di Cleveland, Senin (18/7/2016) malam waktu setempat, dengan meyakinkan para delegasi bahwa mereka akan merebut kursi Gedung Putih.

Muncul secara mengejutkan untuk memperkenalkan sang istri, Melania, pengusaha asal New York sangat percaya diri bahwa hari-hari yang penuh perpecahan di antara warga AS akan segera berakhir.

"Kita akan menang dengan telak. Bapak-bapak dan ibu-ibu, saya perkenalkan ibu negara selanjutnya," kata Trump sambil menggandeng Melania.

Trump, yang melanggar tradisi dengan muncul di konvensi sebelum resmi menjadi kandidat, menyapa para pendukung partai yang beberapa jam sebelumnya berteriak-teriak menentang Trump.

Banyak yang marah karena partai yang dulu diisi nama-nama besar seperti Abraham Lincoln dan Theodore Roosevelt akan menghasilkan pemimpin yang menyebut bangsa Meksiko sebagai pemerkosa dan melarang Muslim memasuki AS.

"Kami berhak didengarkan, ini adalah konvensi rakyat," kata Diana Shores, seorang delegasi dri Virginia.

Para pendukung Trump mendesak agar para delegasi mengikuti kehendak kelompok akar rumput partai dan menominasikan Trump tanpa perdebatan.

Trump memenangkan serangkaian pemilihan awal partai di beberapa negara bagian dan meraup 13 juta suara, dukungan suara terbanyak yang pernah diperoleh kandidat Partai Republik.

Namun, perpecahan partai jelas terlihat dengan tak hadirnya beberapa nama besar partai dari konvensi di Cleveland ini. Salah satunya adalah seluruh klan Bush, Mitt Romney termasuk Gubernur Ohio John Kasich yang menjadi tuan rumah konvensi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com