Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saudi Tangkap Atase Militer Turki di Kuwait karena Diduga Terlibat Kudeta

Kompas.com - 18/07/2016, 15:57 WIB

RIYADH, KOMPAS.com - Pemerintah Arab Saudi dikabarkan menangkap atase militer Turki untuk Kuwait karena diduga terlibat dalam upaya kudeta yang gagal terhadap Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Sang atase, diidentifikasi bernama Mikail Gullu, ditahan di sebuah bandara di kota Dammam, wilayah timur Saudi saat akan naik ke pesawat dengan tujuan Jerman.

"Pemerintah Arab Saudi menahan atase militer Turki di Kuwait," kata harian Asharq al-Aswat, mengutip sumber diplomatik, Senin (18/7/2016).

"Dia ditangkap atas permintaan pemerintah Turki dan ditahan saat mencoba kabur terkait dugaan keterlibatannya dalam kudeta," tambah harian itu.

Stasiun televisi milik Arab Saudi, Al Arabiya juga mengabarkan berita yang sama dan menambahkan Gullu sedang berusaha pergi ke Dusseldorf , Jerman lewat Amsterdam.

Sementara harian terbitan Kuwait Al-Qabas mengatakan, Gullu meninggalkan negeri kaya minyak itu dengan menggunakan jalan darat ke Arab Saudi.

Dubes Turki di Kuwait Salih Morat Tamer kepada Al-Qabas mengatakan, Gulu diduga terlibat kudeta tetapi tuduhan terhadap Gullu baru akan diinvestigasi setelah dia diserahkan kepada Turki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com