Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Orang Ditahan Terkait Serangan Truk di Nice

Kompas.com - 17/07/2016, 19:31 WIB

NICE, KOMPAS.com - Seorang pria dan seorang perempuan ditangkap di kota Nice terkait serangan truk di hari nasional Bastille. Hal ini diungkap sumber aparat hukum Perancis.

Penangkapan terhadap dua orang ini membuat jumlah orang yang ditahan terkait serangan Nice menjadi tujuh orang.

Lebih dari 80 orang tewas setelah seorang pria Tunisia, Mohamed Lahouaiej-Bouhlel, menabrakkan truknya terhadap kerumunan orang pada Kamis lalu.

Lahouaiej-Bouhlel sendiri telah tewas ditembak oleh polisi ketika truk yang dikendarainya akhirnya berhasil dihentikan.

Mereka yang ditahan oleh polisi Prancis termasuk mantan istri Lahouaiej-Bouhlel. Adapun satu orang lainnya dikatakan sebagai kawan dekat pelaku penyerangan yang belum diketahui identitasnya.

Siapkan serangan

Sumber yang dekat dengan penyelidikan mengatakan kepada Kantor berita AFP bahwa sang pelaku telah mengunjungi lokasi serangan dua hari sebelumnya untuk mempersiapkan serangan.

Sumber dari aparat keamanan Tunisia mengatakan kepada BBC bahwa dia sering mengunjungi Tunisia, dan terakhir kali delapan bulan lalu.

Belum diketahui apakah dia dilatih di Suriah atau mendapat bantuan pihak tertentu untuk merencanakan serangan itu.

Kelompok militan yang menamakan diri Negara Islam atau disebut ISIS mengklaim bahwa serangan truk itu dilakukan oleh salah seorang pengikutnya.

Sebelumnya, pemerintah Prancis menyatakan bahwa mereka membutuhkan sekitar 12,000 polisi cadangan untuk melakukan pengamanan sebagai antisipasi terhadap serangan susulan.

Presiden PrancisFrancois Hollande telah menyebut serangan truk di kota Nice sebagai serangan teroris.

Para pejabat mengatakan penyidik akan berusaha untuk mencari tahu apakah Tunisia memiliki hubungan dengan kelompok-kelompok ekstrimis.

Kompas TV Tak Ada Jam Malam yang Diberlakukan di Nice
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com