Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Segera Kirim Sistem Pertahanan Rudal Canggih ke Korsel

Kompas.com - 08/07/2016, 16:08 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Pemerintah Amerika Serikat akan mengirimkan sistem pertahanan roket terbaru ke Korea Selatan di saat Korea Utara mengatakan, sanksi terhadap pemimpin negeri itu sama dengan deklarasi perang.

AS dan Korea Selatan sudah membicarakan kemungkinan pengiriman sistem Terminal High Altitude Area Defence (THAAD) pada Februari lalu sejak Korea utara menembakkan roket jarak jauhnya.

"Berdasarkan pembicaraan ini, Korea Selatan dan AS mencapai kesepakatan untuk mengerahkan THAAD sebagai langkah pertahanan untuk memastikan keamanan Korea Selatan dan rakyatnya," ujar menteri pertahanan kedua negara, Jumat (8/7/2016).

Kedua pejabat itu tidak menjelaskan kapan dan di mana sistem pertahanan canggih itu akan digelar. Mereka hanya mengatakan, lokasi untuk menaruh sistem pertahanan itu sedang dievaluasi.

Rencana untuk mengerahkan sistem pertahanan canggih ini membuat Beijing dan Moskwa berang. Kedua negara menilai AS sedang memperkuat kehadiran militernya di kawasan itu.

Moskwa mengatakan, pengerahan sistem pertahanan semacam itu akan memunculkan "konsekuensi yang tak bisa diperbaiki" sedangkan Beijing memperingatkan bahwa langkah AS ini akan mengakibatkan kerusakan serius terhadap keamanan kawasan.

Beijing juga mendesak Korea Selatan dan AS agar mempertimbangkan kembali keputusan itu. Rencana pengerahan sistem persenjataan ini muncul setelah AS menempatkan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dalam daftar hitam pelanggar HAM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com