Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Geng Narkoba Meksiko Gunakan Penjara Sebagai Tempat Pembantaian

Kompas.com - 09/06/2016, 19:47 WIB

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Para anggota geng pengedar narkotika Zetas menggunakan sebuah penjara di wilayah utara Meksiko sebagai tempat untuk menculik dan membunuh rival-rival mereka.

Kantor kejaksaan  negara bagian Coahuila mengatakan, antara 2009-2012, LP Piedras Negras menjadi kamp pemusnahan yang dikendalikan kartel Zetas sebagai basis operasional rezim teror yang mereka dirikan di perbatasan AS-Meksiko.

Setelah melalui proses penyelidikan selama tiga tahun, pemerintah memperkirakan sebanyak 150 orang dibunuh di dalam penjara itu. Jasad mereka kemudian dibakar atau dihancurkan dalam tong berisi cairan asam.

Setelah itu, sisa-sisa jasad ratusan orang itu dibuang ke sebuah sungai yang berjarak sekitar 32 kilometer dari penjara itu.

Sejauh ini belum diketahui apakah para penjaga penjara bekerja sama dengan anggota geng atau mereka membiarkan anggota geng melakukan pembunuhan selama mereka bisa menjaga ketertiban penjara.

Namun, kejaksaan mengungkapkan, bahwa pemimpin geng Zeta di penjara itu mengenakan seragam, rompi antipeluru dan mengendarai sebuah mobil yang dirancang khusus.

"Kami menerima informasi bahwa penjara itu dikelola secara otonomi oleh Zetas," kata juru bicara kejaksaan negara bagian Coahuila, Rabu (8/6/2016).

Pemimpin geng Zetas yang kejam ini diketahui bernama Ramon Burciaga Magallanes. Saat ini dia menjalani hukuman di penjara lain karena terbukti melakukan penculikan.

Selain Magallanes, jaksa juga menerbitkan surat perintah penahanan untuk empat orang lainya. Kelima orang ini dituduh bekerja sama membunuh tujuh orang yang jasadnya ditemukan di dalam penjara dan bisa diidentifikasi.

Kejaksaan Coahuila mengatakan, mereka kini masih mencari keberadaan lebih banyak lagi orang yang dilaporkan hilang dan diyakini telah dibawa ke penjara itu untuk dibunuh.

LP Piedras Negras menjadi buah bibir pada September 2012 ketika 131 orang narapidana kabur lewat pintu depan penjara dan disebut sebagai pembobolan penjara terbesar dalam sejarah Meksiko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Telegraph
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com