Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erdogan: Tanpa Anak, Perempuan Tak Sempurna

Kompas.com - 06/06/2016, 19:55 WIB

ANKARA, KOMPAS.com — Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan, perempuan yang tak memiliki anak adalah perempuan tak sempurna dan tak lengkap.

Para perempuan yang gagal untuk memberikan anak karena mereka memilih untuk bekerja disebut Erdogan mengingkari hakikat mereka sebagai perempuan.

Pernyataan soal perempuan ini disampaikan Erdogan di hadapan Asosiasi Perempuan dan Demokrasi Turki, Senin (6/6/2016).

"Perempuan tak harus kehilangan hakikatnya sebagai ibu meski dia terikat pada kehidupan profesionalnya," kata Erdogan.

Dalam kesempatan itu, Erdogan mengulangi seruannya agar para perempuan Turki seharusnya memiliki minimal tiga orang anak.

"Satu (anak) berarti kesepian, dua berarti persaingan, tiga berarti keseimbangan, dan empat artinya berkelimpahan," ujar Erdogan pada 2014 terkait jumlah anak yang harus dimiliki sebuah keluarga.

Sejak tahun 2000, populasi Turki bertambah 10 juta orang sehingga kini negeri tersebut memiliki penduduk sebanyak 79 juta jiwa. Jumlah penduduk Turki ini lebih banyak dari negara Eropa mana pun, kecuali Jerman.

Erdogan mengatakan, dia masih menginginkan jumlah penduduk Turki bertambah di tengah upayanya meningkatkan kekuatan ekonomi dan pengaruh politik negeri tersebut.

"Keluarga yang kuat menghasilkan negara yang kuat. Semua warga negeri ini harus dimobilisasi untuk mengejar tujuan-tujuan besar," ucap Erdogan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com