Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Orang Ditembak Saat "Memorial Day" di Chicago, Empat Orang Tewas

Kompas.com - 30/05/2016, 08:53 WIB
Pascal S Bin Saju

Penulis

CHICAGO, KOMPAS.com – Sebanyak 44 orang menjadi korban serangkaian penembakan, dengan empat orang di antaranya tewas, saat Memorial Day pada akhir pekan.

Superintenden John Escalante, Wakil Kepala Departemen Kepolisian Chicago, AS, mengungkapkan hal itu pada Minggu (29/5/2016), seperti dilaporkan Chicago Tribune.

Untuk mempersiapkan diri guna menghadapi peningkatan kekerasan saat akhir pekan Memorial Day tahun ini, polisi Chicago telah menginstruksikan ribuan petugas untuk bekerja lembur antara Jumat lalu hingga Selasa (31/5/2016).

Memorial Day berlangsung sejak Jumat (27/5/2016) hingga Selasa (31/5/2016) pagi. Antara Sabtu siang dan Minggu pagi, empat tewas.

Khusus pada hari Minggu, dua orang terluka di South Side. Insiden itu terjadi setelah lebih dari dua lusin orang ditembak sejak Jumat, dengan korban luka-luka mencapai 38 orang.

Seorang lelaki yang berusia 27 tahun ditembak di kepala dan dinyatakan meninggal di lokasi di pinggiran selatan Chicago pada Sabtu siang.

Para korban tewas adalah Veronica Lopez (15) dan seorang lagi pria berusia 25 tahun. Korban tewas lainnya adalah pria berusia 23 tahun.

Satu senjata api ditemukan di lokasi, tetapi tidak jelas apakah senjata itu milik korban atau orang yang menembak dia, kata Opsir Michelle Tannehill, wanita juru bicara Kepolisian Chicago.

Memorial Day biasanya menandai awal musim panas di Chicago, ketika kota tersebut membuka kembali semua pantai Danau Michigan.

Mereka melanjutkan pesta kembang api rutin di Dermaga Angkatan Laut dan meluncurkan bermacam acara rekreasi serta pertandingan olahraga.

Namun, akhir pekan Memorial Day yang berlangsung sejak Jumat lalu juga menyaksikan meningkatnya kekerasan, seperti dilaporkan Xinhua.

Selama akhir pekan peringatan pada tahun lalu, 12 orang tewas dan tak kurang dari 44 orang lagi cedera di Chicago.

Untuk mempersiapkan diri guna menghadapi peningkatan kekerasan saat akhir pekan Memorial Day tahun ini, ribuan petugas tak berseragam telah dikerahkan.

Mereka dikerahkan terutama untuk menjaga permukiman yang dilanda kerusuhan, serta taman kota dan pinggir danau, demikian laporan Chicago Tribune pada Sabtu (28/5/2016).

Sebagai kota terbesar ketiga di AS, Chicago memiliki reputasi buruk di seluruh dunia karena kerusuhan yang terjadi, kata Xinhua yang dikutip Antara di Jakarta.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com