Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komandan ISIS di Fallujah Tewas, Puluhan Ribu Keluarga Masih Terjebak Perang

Kompas.com - 28/05/2016, 11:44 WIB

FALLUJAH, KOMPAS.com - Komandan kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) untuk wilayah Fallujah, Irak, termasuk di antara 70 militan tewas dalam serangan udara koalisi Amerika Serikat.

Pejabat militer AS, Kolonel Steve Warren, mengatakan, lebih dari 20 serangan telah dilancarkan dalam empat hari terakhir dan menghancurkan posisi-posisi ISIS, seperti dilaporkan BBC, Sabtu (28/5/2016).

Penyerbuan-penyerbuan itu dilakukan untuk mendukung pasukan Irak yang berupaya untuk merebut kembali Fallujah dari kelompok penjahat ISIS.

Warren mengatakan, komandan ISIS di kota itu, Maher Al-Bilawi, tewas dalam pemboman yang menyasar posisi para militan dan lokasi persenjataan ISIS.

Namun, Kolonel Warren juga memperingatkan bahwa masih berapa lama lagi pertempuran akan berlangsung untuk merebut kembali Fallujah.

Sekitar 50.000 warga sipil masih terperangkap di kota itu. Pasukan Irak menyerang Fallujah pada 22-23 Mei lalu, dan sampai saat ini masih terus mengepung kota itu.

Warga  telah diberitahu melalui selebaran yang dijatuhkan dari udara agar menghindari daerah ISIS dan menempatkan kertas putih di atap rumah mereka.

“Kami mendapatkan laporan dramatis tentang peningkatan jumlah eksekusi terhadap pria dan anak laki-laki yang cukup besar, yang menolak bertempur atas nama ISIS,” kata Melissa Fleming, juru bicara Komisaris Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengungsi (UNHCR).

“Laporan lainnya menyebut, sejumlah orang yang mencoba pergi dari kota itu dieksekusi, atau dicambuk. Seorang dilaporkan diamputasi kakinya,” kata Fleming.

PBB mengatakan, ratusan keluarga berhasil meninggalkan kota pada Jumat (27/5/2016) dengan bantuan pasukan pemerintah.

Serangan dilakukan oleh pasukan gabungan yang terdiri dari ribuan tentara Irak, polisi, dan milisi propemerintah Irak.

Menurut Warren, pasukan milisi loyalis Baghada juga terlibat tetapi bersedia untuk tetap berada di luar kota.

Fallujah jatuh ke tangan ISIS tahun 2014, setelah mereka melancarkan serangan besar sejak Juni 2014 untuk merebut wilayah besar di utara dan barat Baghdad.

Belakangan, pasukan pemerintah Irak sudah mulai mengusir mereka, dengan bantuan serangan udara AS.  Militer Irak sudah merebut kembali kota Ramadi dari ISIS, Desember lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com