Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayi Perempuan Ini Lahir dengan Berat 6,8 Kilogram

Kompas.com - 27/05/2016, 08:25 WIB

BENGALURU, KOMPAS.com — Seorang wanita di India melahirkan bayi perempuan seberat 6,8 kilogram. Tim dokter yang menangani persalinan itu menduga, bayi ini menjadi bayi terberat yang pernah dilahirkan di India. 

Berat bayi itu kira-kira sama dengan berat bayi seusia enam bulan. Umumnya bayi di India dilahirkan dengan berat normal antara 2,5-3,5 kilogram. 

Ibu jabang bayi, Nandini (20), menjalani persalinan melalui operasi sesar di sebuah rumah sakit di negara bagian Karnataka di sebelah selatan India.

"Mungkin ini bayi terberat di India, saya bisa bilang begitu. Apakah ini juga yang terberat di dunia, saya belum bisa pastikan," kata dokter Venkatesh R, dari Kantor Dinas Kesehatan Distrik Hassan, Kamis (26/5/2016).

Seperti dikutip dari laman BBC, bayi tersebut tak hanya memiliki bobot yang berat, tetapi juga tinggi. 

"Panjang bayi ini 62 sentimeter, melampaui berat bayi normal yang biasanya sekitar 50 sentimeter," kata dokter SR Kumar, yang baru menjenguk Nandini dan bayinya.

Kasus bayi dengan berat badan melampaui rata-rata bisa terjadi pada ibu yang mengidap penyakit diabetes. 

Dengan demikian, langkah pertama yang dilakukan dokter terkait kasus ini adalah memeriksa kadar gula darah Nandini.

Namun, tim dokter terkejut karena ternyata Nandini tidak mempunyai keluhan dengan kehamilannya. 

"Kami sudah selesai melakukan pemeriksaan ultrasonografi dan menjalankan tes darah, tetapi kami tak menemukan sesuatu yang di luar batas normal," kata Kumar. 

"Kami juga sudah mengirimkan sampel untuk diperiksa dalam kasus yang biasa disebut inborn error of metabolism ini. Kami seharusnya mendapatkan hasilnya dalam 48 jam ke depan," sambung dia. 

Sebelum Nandini melahirkan, rekor bayi terberat di India dipegang oleh bayi lelaki yang dilahirkan Firdous Khatun dari Uttar Pradesh pada November 2015. Bayi itu lahir dengan berat 6,7 kilogram.

Sementara itu, rekor dunia bayi terberat di dunia adalah bayi yang dilahirkan Carmelina Fedele di Aversa, Italia, pada September 1955. Berat bayi lelaki itu mencapai 10,2 kilogram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com