Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerap Mangsa Warga Desa, 13 Ekor Singa India Ditangkap dan Dikurung

Kompas.com - 23/05/2016, 17:59 WIB

AHMEDABAD, KOMPAS.com — Pemerintah India terpaksa menangkap dan mengandangkan 13 ekor singa Asia yang hanya hidup di sebuah hutan di wilayah barat negeri itu setelah menewaskan tiga warga desa dalam beberapa bulan terakhir.

Sekelompok singa itu ditangkap dari kawasan suaka Gir di negara bagian Gujarat setelah salah seekor singa itu memangsa seorang remaja yang sedang tidur dan menyeretnya ke dalam hutan pekan lalu.

Kepala Badan Konservasi Gujarat, JA Khan, mengatakan, kawanan singa itu ditangkap dalam beberapa hari terakhir di wilayah timur hutan lindung itu untuk mencari si pemangsa manusia.

Khan mengatakan, sejauh ini, tak diketahui seberapa banyak singa yang berkeliaran hingga ke luar kawasan suaka, yang menjadi habitat alami terakhir mereka, untuk mencari mangsa.

"Singa yang telah memangsa manusia akan dianalisis secara rinci, sementara yang lain perlahan-lahan akan kembali dilepasliarkan," ujar Khan, Senin (23/5/2016).

"Kami akan melakukan analisis dengan memeriksa feses mereka untuk mencari sisa tubuh manusia, analisis kimia darah mereka hingga analisa genetis," kata Khan.

Singa Asia, bertubuh sedikit lebih kecil ketimbang singa Afrika dengan lipatan kulit di sekitar perut, memang dipusatkan di taman suaka Gir.

Di tempat itu, ujar Khan, jumlah hewan langka ini bertambah dengan sensus terakhir menunjukkan jumlah hewan-hewan ini berjumlah 523 ekor.

Sejumlah pakar konservasi sempat mengusulkan agar beberapa ekor singa dipindahkan ke taman suaka lain untuk mengurangi konflik dengan manusia dan menghindari terjangkit wabah penyakit secara bersamaan.

Dalam kasus terakhir pada 20 Mei lalu, seorang anak laki-laki berusia 14 tahun diseret dari tempat tidurnya di desa Ambardi yang berada tak jauh dari hutan itu.

Ayah bocah itu juga terluka saat berupaya menolong anaknya yang diserang hewan buas tersebut.

Seekor singa juga menewaskan seorang perempuan berusia 50 tahun pada 10 April lalu saat tidur di luar rumah. Pada 19 Maret lalu, seekor singa memangsa seorang pria berusia 60 tahun saat tidur di gubuknya di desa Ambardi.

Singa Asia atau juga dikenal sebagai singa India adalah subspesies singa yang hanya bisa ditemukan di negara bagian Gujarat.

Akibat populasinya yang sangat sedikit, hewan ini masuk dalam kategori terancam punah. Namun, sejak 2010, jumlah singa ini terus bertambah.

Pada Mei 2015, dalam sensus ke-14 yang digelar di kawasan seluas 20.000 hektar, jumlah singa ini diperkirakan mencapai 523 ekor, terdiri dari 109 jantan dewasa, 201 betina, dan 213 anak singa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com