Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah 90 Tahun Tersimpan, Foto-foto Hitler Berlatih Pidato Muncul

Kompas.com - 20/05/2016, 11:47 WIB

BERLIN, KOMPAS.com — Pemimpin Nazi, Adolf Hitler, memang dikenal sebagai orator ulung. Ternyata, Hitler selalu berlatih secara pribadi sebelum tampil di hadapan publik.

Nah, berbagai foto Hitler tengah berlatih pidato muncul kembali setelah selama hampir 90 tahun tersimpan rapat.

Saat dibebaskan dari penjara Landsberg pada 1925, Hitler yang saat itu berusia 25 tahun sangat berambisi untuk meraih kekuasaan di Jerman.

Untuk mewujudkan cita-citanya itu, salah satu hal yang harus diasah adalah bakatnya di bidang public speaking.

Diktator kelahiran Austria itu memang sangat ahli memainkan retorika sehingga mampu mencuci otak kerumunan orang yang mendengarkan pidatonya yang berapi-api.

Menurut catatan sejarah, Hitler mengembangkan kemampuan berorasi itu di kedai-kedai bir di Jerman. Di sanalah, Hitler muda mampu menghipnotis dengan kata-kata dan retorikanya.

Tenyata, Hitler tak sepenuhnya memercayai kemampuannya itu karena dia sangat menyadari penampilannya yang mungkin kurang meyakinkan.

Untuk mengatasi masalah itu, dia meminta fotografer pribadinya, Heinrich Hoffmann, untuk mengambil foto dirinya saat tengah melatih sebuah pidato.

Hoffmann lalu mengambil sederet foto candid atau memotret secara diam-diam terkait pose dan ekspresi wajah Sang Fuhrer. Nantinya, Hitler akan melihat foto-foto itu dan mempelajarinya untuk mencari gaya yang paling sempurna.

Kemungkinan karena menganggap beberapa foto hasil jepretan Hoffmann itu "memalukan", Hitler memerintahkan sang fotografer memusnahkan sejumlah foto yang dianggap "merendahkan martabat manusia" itu.

Namun, Hitler tak menyadari bahwa Hoffmann malah menyimpan foto-foto tak diinginkan itu, yang hampir 90 tahun kemudian muncul dan bisa dinikmati oleh generasi saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com