Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jerman Kecam Kontes Kartun Holocaust di Iran

Kompas.com - 18/05/2016, 21:12 WIB

BERLIN, KOMPAS.com - Pemerintah Jerman mengecam kontes kartun di Teheran, Iran yang menggambarkan tentang tragedi Holocaust.

Jerman memandang kontes tersebut hanya menabur kebencian dan memperdalam perpecahan di Timur Tengah.

Holocaust atau yang juga dikenal dengan sebutan the Shoah, adalah peristiwa genosida yang dilakukan Pemimpin Nazi Jerman Adolf Hitler, yang membunuh sekitar enam juta warga Yahudi.

Seperti diberitakan Associated Press, acara di Iran itu diprakarsai oleh sebuah organisasi non-pemerintah yang didukung oleh kelompok garis keras di Iran.

Dalam sebuah kontes serupa di tahun 2006, Presiden Mahmoud Ahmadinejad memberikan sokongannya. Dia pun menyebut holocaust hanya sebatas mitos.

Terkait kontes yang berlangsung di Iran ini, Jurubicara Kementerian Luar Negeri Jerman Martin Schaefer, Rabu (18/5/2016), menyebutkan, pembunuhan enam juta warga Yahudi itu membuat Jerman menanggung rasa bersalah dan harus bertanggung jawab.

Schaefer mengungkapkan, Menlu Frank-Walter Steinmeier sudah membuat penjelasan dalam kunjungannya ke Teheran, Februari silam.

Menurut Menlu, peristiwa itu adalah kejadian yang sangat disesali dan semua pihak harus beranjak ke masa depan.

Sementara itu, Perdana Menteri Israel pun melontarkan kecaman serupa atas kontes ini. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com