Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat British Airways Mendarat dengan Roda Berbentuk Kotak

Kompas.com - 16/05/2016, 11:44 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Sebuah misteri penerbangan terjadi saat sebuah pesawat terbang milik maskapai British Airways mendarat di Bandara Internasional Heathrow, London, pada 5 Mei lalu.

Saat mendarat, pesawat Airbus A380 yang terbang dari Hongkong itu dilengkapi dengan 22 buah roda. Namun, salah satunya berbentuk tak lazim, yaitu kotak.

Foto roda berbentuk kotak itu dimuat dalam situs berita penerbangan Aviation Herald. Situs itu melaporkan, kru British Airways menerima peringatan terkait tekanan udara di roda sesaat setelah lepas landas.

Kru pesawat saat itu memutuskan untuk meneruskan penerbangan, tetapi meminta sebuah mobil derek disiapkan di Bandara London untuk mengantisipasi jika pesawat tak bisa melakukan "taxi" ke terminal kedatangan.

Setelah terbang selama 13 jam, pesawat itu mendarat dengan selamat di landas pacu 09L dan bisa melakukan "taxi" sendiri ke terminal kedatangan.

Namun, kemudian, masih laporan Aviation Herald, kru British Airways menemukan bahwa ban depan sebelah kanan kempis di bagian atas dan bawah, menciptakan bentuk aneh sebuah roda.

Bentuk kotak pada roda pesawat itu membuat sejumlah pakar penerbangan merasa kebingungan.

"Hal ini sangat aneh. Saya belum pernah melihat hal seperti ini sebelumnya," kata seorang juru bicara Otoritas Penerbangan Sipil Inggris kepada harian Daily Mail.

Sementara itu, Patrick Smith, penulis Cockpit Confidential, mengatakan, foto roda British Airways itu terlihat nyata.

"Namun, saya tidak yakin bagaimana hal itu bisa terjadi," ujar Patrick Smith.

Sementara itu, Kumar Mysore dari Masyarakat Aeronautika Inggris mengatakan, roda berbentuk kotak itu kemungkinan terjadi akibat ban yang kempis itu harus menahan bobot pesawat A380 itu.

"Anda bisa lihat ban itu tidak hancur sama sekali karena memang dirancang untuk menahan beban pesawat tersebut," ujar Kumar.

"Efeknya sama dengan saat Anda menekan sebuah karet mainan dengan bobot berbeda, maka karet itu bisa berubah ke berbagai bentuk," kata Kumar.

"Dalam kasus A380 itu, khususnya peristiwa ini, roda itu berubah menjadi kotak," kata Kumar.

Kumar menegaskan, ada banyak sebab mengapa sebuah roda pesawat bisa mengalami kempis, tetapi dia memastikan para pilot sangat terlatih untuk mengatasi masalah seperti ini.

Seorang juru bicara British Airways mempertegas pernyataan Kumar dan membenarkan pesawat itu tidak dalam bahaya.

"Pesawat kami mendarat dengan selamat dengan satu dari 22 rodanya kempis. A380, sama seperti pesawat berbadan lebar lainnya, dirancang untuk bisa mendarat dengan selamat dalam kondisi roda kempis," ujar juru bicara itu.

"Para teknisi kami sudah mengganti ban yang kempis itu dan pesawat kami sudah beroperasi kembali," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com