Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Mau Pakai Sepatu "High Heels", Seorang Resepsionis Dipecat

Kompas.com - 11/05/2016, 22:00 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Seorang resepsionis yang bekerja di perusahaan auditor PricewaterhouseCoopers (PwC) di London mengklaim dia diberhentikan dari pekerjaannya karena menolak mengenakan sepatu dengan hak tinggi saat bekerja.

Nicola Thorp (27) mengklaim, atasannya memerintahkan agar dia selalu mengenakan sepatu "high heels" selama berada di dalam kantor.

Saat membandingkan dengan para karyawan pria yang diizinkan mengenakan sepatu rata, yang didapat Nicola hanyalah gelak tawa dari atasannya.

Perempuan ini mendapatkan pekerjaan paruh waktu di PwC dari perusahaan alih daya bidang resepsionis Portico.

Manajemen PwC mengatakan, tidak memiliki kebijakan khusus soal cara berpakaian saat bekerja. Keharusan mengenakan sepatu hak tinggi justru datang dari Portico.

Menurut Thorp, dia diberhentikan dan tak menerima uang sama sekali akibat penolakannya ini. Dia juga mengklaim diharuskan mengenakan "make-up" dengan warna yang sudah ditentukan.

"Atasan saya mengatakan, saya akan dipulangkan tanpa dibayar kecuali saya pergi ke toko , membeli sepasang sepatu dengan hak setinggi 10 sentimeter," ujar Nicola.

Akibat perlakuan yang dinilainya tidak adil itu, Nicola mengajukan petisi ke pemerintah dan parlemen Inggris untuk mempertanyakan hal ini.

"Apalah masih legal di Inggris sebuah perusahaan memaksa para karyawan perempuannya mengenakan sepatu hak tinggi saat bekerja meski mereka tidak menginginkannya," demikian isi petisi yang diajukan Nicola.

"Aturan berpakaian harus diganti sehingga perempuan memiliki pilihan untuk mengenakan sepatu rata saat bekerja jika mereka menginginkannya. Cara berpakaian formal saat ini sudah ketinggalan zaman dan bias jender," tambah dia.

Sejauh ini sudah 7.000 orang mengajukan petisi yang diajukan Nicola yang juga memiliki profesi lain yaitu sebagai aktris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com