Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kim Jong Un Dapat Gelar Baru, Xi Jinping Ucapkan Selamat

Kompas.com - 10/05/2016, 12:24 WIB

BEIJING, KOMPAS.com — Presiden China Xi Jinping menyampaikan ucapan selamatnya kepada Kim Jong Un atas gelar baru yang disandang pemimpin Korea Utara itu.

Seperti yang telah diberitakan, Kim Jong Un dinobatkan sebagai Ketua Partai dalam penutupan Kongres Partai Pekerja, Senin kemarin.

Partai Pekerja adalah partai yang berkuasa di Korut. Dengan jabatan ini, Kim Jong Un pun mengukuhkan diri sebagai pemegang pemimpin tertinggi di negeri itu.

Baca: Kim Jong Un Ditetapkan Jadi Ketua Partai Berkuasa

Kantor Berita China, Xinhua, seperti dikutip Associated Press, Selasa (10/5/2016), mengabarkan, Jinping yang juga adalah Kepala Partai Komunis China yang kini berkuasa mengungkapkan harapan atas terpilihnya Kim Jong Un.

Dia berharap, kepemimpinan Kim Jong Un dapat membawa prestasi baru yang memperkokoh bangunan sosialisme di Korut. 

Meskipun hubungan kedua negara tak bisa dikatakan landai, menurut Jinping, kesamaan paham komunis yang dianut keduanya merupakan bentuk pertemanan mendasar, bagai "harta karun bersama".

Lebih jauh, Jinping menegaskan, China siap untuk berdiri bersama Korut untuk membangun hubungan bilateral yang lebih baik.

"Demi memberi kontribusi dalam upaya menjaga perdamaian, stabilitas, dan pengembangan kawasan," kata dia.

Hingga saat ini, Kim Jong Un belum mengunjungi China meskipun negara itu adalah salah satu sumber sokongan utama bagi Korut di bidang ekonomi dan diplomasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com