Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rayakan Kemenangan atas Jerman, Rusia Gelar Parade Militer

Kompas.com - 09/05/2016, 17:46 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Rusia, Senin (9/5/2016), menggelar parade militer besar-besaran di Lapangan Merah Moskwa untuk memperingati 71 tahun kemenangan Uni Soviet atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia II.

Sedikitnya 10.000 personel militer, tank dan sistem peluncur roket berparade di hadapan Presiden Vladimir Putin, para pejabat senior dan sejumlah veteran perang.

Dalam pidatonya di hadapan para tentara, memberi selamat atas perayaan yang secara tradisional mempersatukan bangsa Rusia dari berbagai aliran politik.

Putin juga menggunakan kesempatan tersebut untuk menyeru kepada komunitas internasional untuk bersatu memerangi terorisme global.

"Kita harus mengatasi kejahatan ini dan Rusia sangat terbuka untuk menyatukan kekuatan dengan negara lain, kami siap bekerja untuk menciptakan sebuah sistem keamanan internasional yang modern dan tak berpihak," ujar Putin.

Dalam parade militer itu juga diramaikan dengan terbang lintas jet-jet tempur canggih Su-35 yang terlibat dalam serangan udara di Suriah.

Dalam perayaan kali ini, hanya terlihat Presiden Kazakhstan Nursultan Nazarbayev di samping Presiden Putin. Namun, tak terlihat para pemimpin dunia lain dalam acara tersebut.

Tahun lalu, para pemimpin Barat menolak undangan untuk menghadiri perayaan 70 tahun kemenangan atas Jerman terkait krisis Ukraina.

Saat itu, acara tersebut hanya dihadiri para pemimpin China, Kuba dan negara-negara sekutu Rusia.

Dalam Perang Dunia II diperkirakan 27 juta warga sipil dan tentara Uni Soviet tewas. Dan, kemenangan Tentara Merah dalam perang itu dianggap sebagai sebuah kebanggan besar bagi Rusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com