Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

18 Perguruan Tinggi Asia Masuk Daftar 100 Universitas Terbaik di Dunia

Kompas.com - 05/05/2016, 21:43 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Untuk kali pertama, perguruan tinggi China menembus 20 besar universitas terbaik di dunia dalam peringkat terbaru yang disusun Times Higher Education.

Di dalam daftar 100 universitas terbaik di dunia tahun ini, Asia dinilai mencatat kemajuan pesat dengan menempatkan 18 perguruan tingginya. Tahun lalu hanya 10 lembaga pendidikan tinggi Asia yang masuk daftar ini.

Perguruan tinggi Asia dengan peringkat teratas adalah Universitas Tokyo yang menempati posisi ke-12.

Sementara dua perguruan tinggi China, yaitu Universitas Tsinghua dan Universitas Peking, masing-masing berada di urutan ke-18 dan ke-21.

Joshua Mok Ka-Ho, Wakil Presiden Universitas Lingnan di Hongkong, mengatakan, prestasi perguruan tinggi Asia ini tak lepas dari investasi sejumlah negara di bidang pendidikan.

Selain itu, ada juga upaya meningkatkan kemampuan penelitian dan penerbitan karya ilmiah di berbagai jurnal internasional.

"Tren ini akan berlanjut karena makin banyak negara di Asia yang menyadari pentingnya penelitian, alih pengetahuan, inovasi, dan teknologi dalam mengubah ekonomi dan tatanan sosial," kata Joshua Mok Ka-Ho di situs Times Higher Education.

Joshua menambahkan, sudah saatnya bagi universitas-universitas dunia untuk meningkatkan kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi di Asia.

Urutan teratas perguruan tinggi terbaik di dunia ditempati Universitas Harvard, yang menempati posisi puncak selama enam tahun terakhir.

Disusul oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT), Universitas Stanford, serta dua perguruan tinggi Inggris, Universitas Cambridge dan Universitas Oxford, di urutan kedua hingga kelima.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com