Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Ohio Mundur, Donald Trump Calon Tunggal Capres AS dari Partai Republik

Kompas.com - 05/05/2016, 08:13 WIB

KOMPAS.com - Gubernur Ohio John Kasich mundur dari pertarungan kandidat calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, Rabu (4/5/2016) waktu setempat.

"Setelah saya menghentikan kampanye saya hari ini, saya telah memiliki keyakinan, keyakinan mendalam, bahwa Tuhan akan menunjukkan jalan di masa depan," kata Kasich, kepada pendukungnya di Ohio, dikutip dari AFP, Kamis (5/5/2016).

Dengan demikian, langkah mengejutkan Kasich ini menyebabkan milarder Donald Trump menjadi satu-satunya kandidat Capres AS yang tersisa dari Partai Republik.

Sebelumnya pesaing terberat Donald Trump, Ted Cruz, telah menyatakan mundur dari persaingan menuju Gedung Putih itu.

Senator asal Texas itu mundur setelah mengalami kekalahan telak di Indiana. (Baca: Ted Cruz Mundur, Trump Hampir Pasti Jadi Capres Republik)

Trump telah mengumpulkan 1.041 delegasi. Hingga tinggal menunggu waktu bagi pengusaha properti itu untuk diresmikan menjadi Calon Presiden AS dari Partai Republik.

Donald Trump hanya membutuhkan 196 delegasi lagi untuk mencapai "angka magis" 1.237 delegasi.

Ted Cruz sebelumnya telah menargetkan untuk menjegal Trump mencapai angka 1.237 dan memaksakan terjadinya "brokered convention" di Konvensi Partai.

Brokered Convention terjadi ketika tidak ada kandidat yang mampu mencapai jumlah minimum delegasi yang dibutuhkan di akhir pemilihan pendahuluan.

Dengan demikian pemilihan akan dilanjutkan dengan sistem voting oleh delegasi dari tiap negara bagian di konvensi nasional.

Kompas TV Trump Sebut Obama dan Clinton Pencipta ISIS
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com