Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikuti Jejak Orangtua, Putri Sulung Presiden Obama Kuliah di Harvard

Kompas.com - 02/05/2016, 08:30 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Malia Obama, putri tertua Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan Michelle Obama dipastikan akan mengikuti jejak orangtuanya untuk menempuh pendidikan tinggi di Universitas Harvard.

Malia akan memulai perkuliahan pada musim gugur 2017, setelah sempat "off"  selama satu tahun.

Pihak Gedung Putih mengumumkan hal itu pada Minggu (1/5/2016), Dengan demikian Malia akan masuk dalam "the class of 2021" di Harvard.

Sebelumnya, pada Sabtu lalu, Obama dalam jamuan makan malam di Gedung Putih mengatakan, keluarganya berencana untuk menetap di Washington selama dua tahun setelah masa tugasnya sebagai Presiden berakhir di penghujung tahun ini.

Keputusan itu diambil agar putri bungsu mereka, Sasha dapat merampungkan SMA nya di Washington. 

"Keputusan kami ini merepresentasikan sedikit dilema, karena secara tradisional, presiden yang telah mengakhiri masa jabatan umumnya tidak lagi menetap di Washington," kata Obama seperti dikutip dari laman CNN.

Pada bagianlain pembicaraanya malam itu, Obama juga bergurau tentang sang istri yang disebut memiliki keinginan keras untuk tetap tinggal di dekat tanaman wortelnya. "Dia sudah membuat rencana untuk melihatnya setiap hari," kata Obama sambil tertawa. 

Penangguhan selama setahun yang dilakukan Obama sebelum tahun pertamanya di Harvard adalah juga hal yang diambil oleh sekitar 80 sampai 110 mahasiswa lainnya.

Sejumlah pakar pendidikan tinggi menyebut "the off-year" adalah sebuah cara yang biasa diambil oleh calon mahasiswa untuk bepergian, terlibat dalam sebuah proyek khusus jangka panjang, atau menggunakan waktu dengan cara yang konstruktif dan bermakna.

Berbeda dengan putri mantan-mantan Presiden AS lain, Malia Obama masuk ke perguruan tinggi justru ketika ayahnya tak lagi menjadi Presiden. 

Sebelumnya tercatat, Chelsea Clinton memulai kuliahnya di Universitas Stanford di California pada musim gugur 1997, atau sebelum ayahnya meninggalkan kursi Presiden pada awal 2001.

Sementara, putri kembar George W. Bush memulai kuliah beberapa bulan sebelum ayahnya maju dalam pemilihan Presiden AS tahun 2000.

Jenna Bush Hager memilih Universitas Texas, dan Barbara Pierce Bush memilih Universitas Yale, almamater sang ayah.  Keduanya kemudian diwisuda pada 2004, menjelang akhir masa jabatan pertama ayahnya. 

Seperti diwartakan laman BBC, putri Obama yang kini menginjak usia 17 tahun itu, bakal mengikuti jejak kedua orangtuanya dengan mengambil sekolah hukum di Harvard. 

Sementara di bungsu Sasha, yang kini berusia 15 tahun, bersekolah di Sidwell Friends, sebuah sekolah swasta berkelas di AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com