Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korut Bangun Replika Kantor dan Kediaman Presiden Korsel untuk Ditembaki Artileri

Kompas.com - 27/04/2016, 17:54 WIB

SEOUL, KOMPAS.com — Korea Utara (Korut) sedang bersiap untuk membuat replika Gedung Biru (Blue House), kantor dan kediaman Presiden Korea Selatan.

Replika yang dibangun di luar Pyongyang ini akan dijadikan target senjata artileri Korut.

Militer Korea Selatan mengungkapkan hal itu pada Rabu (27/4/2016). Tampaknya, apa yang dilakukan Korut merupakan bagian dari propaganda permusuhan terhadap Korea Selatan (Korsel).

Seorang pejabat Kepala Staf Gabungan Militer Korsel di Seoul mengatakan, militer Korut terdeteksi sedang membangun replika, yang besarnya separuh dari aslinya, awal bulan ini.

"Korut tampaknya sedang bersiap untuk meluncurkan sebuah serangan ejekan (tiruan) terhadap Blue House dengan menggunakan replika sebagai target," kata pejabat itu.

Sekitar 30 senjata artileri telah dibawa ke lokasi jangkauan. Namun, artileri itu tidak terlihat karena memang sengaja disembunyikan dengan penutup khusus.

"Latihan ini diyakini untuk memicu permusuhan dengan Korsel, menyerukan loyalitas (kepada pemimpin Kim Jong-Un), dan membawa kekhawatiran akan keamanan di Korsel," kata pejabat.

Korut kini memacu sentimen nasionalis yang lebih kuat menjelang kongres partai yang berkuasa, Partai Pekerja, yang akan digelar pada 6 Mei. Ini merupakan kongres pertama dalam 36 tahun.

Hal yang dikhawatirkan oleh Seoul dan Washington ialah kemungkinan bahwa Pyongyang akan melakukan uji coba nuklir terbaru, atau yang kelima, menjelang kongres partai berkuasa itu.

Ketegangan di Semenanjung Korea meningkat tinggi sejak uji coba nuklir terakhir Korut pada 6 Januari lalu. Uji coba diikuti serangkaian penembakan rudal balistik jarak pendek dan menengah.

Pyongyang telah beberapa kali mengeluarkan ancaman untuk melakukan serangan langsung ke Gedung Biru, yang menjadi kantor dan tempat tinggal resmi Presiden Korsel Park Geun-Hye.

Awal April, sebuah situs resmi Korut merilis video propaganda yang menggambarkan serangan roket di Gedung Biru dan bangunan pemerintah lainnya di Seoul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com