Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Partai Berkuasa Korut Segera Gelar Kongres Pertama dalam 36 Tahun

Kompas.com - 27/04/2016, 13:51 WIB

PYONGYANG, KOMPAS.com -  Pemerintah Korea Utara di Pyongyang, Rabu (27/4/2016), mengumumkan, partai berkuasa akan menggelar kongres pertama kalinya dalam 36 tahun pada 6 Mei mendatang.

Korea Selatan dan Amerika Serikat pun dibayangi kekhawatiran tentang kemungkinan Pyongyang melakukan uji coba nuklirnya yang kelima menjelang kongres Partai Pekerja itu.

Sebagai persiapan kongres, yang pertama sejak tahun 1980, telah mulai mengemuka sejak Pyongyang mengisyaratkan hal itu pertama kali pada Oktober tahun lalu.

Kim Jong-un diharapkan untuk menggunakan acara tersebut untuk memperkokoh posisinya sebagai pemimpin tertinggi.

Jong Un juga berharap dapat mendapat dukungan untuk mendorong program senjata nuklir negaranya ke teknologi yang mutakhir.

Tidak ada penjelasan rinci mengenai jadwal pelaksanaan kongres. Namun, kongres akan sangat tergantung pada setiap perubahan kebijakan penting atau reshuffle di antara elite negara itu.

Tentang tanggal yang pasti sebenarnya telah sangat dirahasiakan sebelum akhirnya diumumkan pada Rabu ini oleh politbiro, komite pusat partai yang berkuasa.

Dalam pernyataan yang disiarkan kantor berita resmi Korut, KCNA, politbiro mengatakan, kongres ketuju dalam sejarah Parta Pekerja, akan dimulai pada 6 Mei.

Tidak diungkapkan untuk berapa lama kongres akan berlangsung. Kongres terakhir pada tahun 1980 berlangsung selama empat hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com