Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fosil Ibu Menggendong Bayi dari 4.800 Tahun Lalu Ditemukan di Taiwan

Kompas.com - 27/04/2016, 12:43 WIB

TAIPE, KOMPAS.com – Para arkeolog Taiwan telah menemukan fosil manusia berusia sekitar 4.800 tahun. Pada fosil tampak seorang ibu sedang menggendong dan menatap bayinya.

Setidaknya ada 48 potong sisa jasad yang telah membatu, seperti disampaikan petugas di Taipe, ibu kota Taiwan, Selasa (26/4/2016).

Fosil manusia itu ditemukan terkubur di daerah Taichung, Taiwan tengah. Temuan itu sekaligus membuktikan jejak awal aktivitas manusia yang ditemukan di negara pulau itu.

Penemuan yang paling mencolok di antara sisa jasad itu adalah kerangka seorang ibu muda. Ia tampak melihat ke bawah, pada anak balita terbuai dalam pelukannya.

"Ketika digali, semua arkeolog dan anggota staf terkejut. Mengapa? Karena ibu itu sedang menatap bayi di pelukannya,” kata Chu Whei-lee, seorang kurator dari Departemen Antropologi di Museum Ilmu Pengetahuan Alam Taiwan, Selasa.

Penggalian kuburan itu sudah dimulai pada Mei 2014 dan memerlukan waktu satu tahun untuk menyelesaikan.

Penanggalan karbon digunakan untuk menentukan usia fosil, yang termasuk lima anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com